UIR Segera Buka Kelas Jalur Double Degree

  • Jumat, 03 Maret 2023 - 09:48:40 WIB | Di Baca : 447 Kali

 

Seriau,- Gubernur Riau Drs Syamsuar hadir menyaksikan secara langsung penandatanganan nota kesepahaman antara UIR dengan UTP. Universiti Teknologi Petronas menjadi mitra Universitas Islam Riau pada program Double Degree ini.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Teknik UIR Dr. Eng Muslim ST MT Bersama dengan Assoc Prof Dr Ir Rosdiazli Ibrahim Dean Faculty of Engineering UTP melanjutkan kolaborasi dua fakultas teknik beda negara tersebut.

" Kita berharap betul lewat Kerjasama ini, anak-anak Riau bisa mendapatkan Pendidikan yang berkualitas UTP ini. Tahniah dari kami untuk UIR yang telah berhasil melanjutkan program Kerjasama ini” Ucap Syamsuar dalam sambutannya.

Program dan kesepakatan ini langsung ditangkap menjadipotensi pengembangan program studi melalui pertemuan sebelum penandatanganan MoU antara UIR dan UTP yang disepakati pada program kolaborasi akademik, pertukaranmahasiswa, pertukaran dosen, penelitian bersama yang telahberhasil dengan baik dilakukan dalam kurun dua tahun terakhir.

Pada saat pertemuan kolaborasi di UTP, Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL hadir sebagai ketua delegasi UIR memimpin rapat bersama Prof Ir Dr Hilmi Mukhtar Deputy Vice Chancellor Academic UTP membahas potensi kolaborasi internasional Indonesia Malaysia.

Dalam pertemuan hangat tersebut disepakati kolaborasipenting yaitu kesempatan melanjutkan Studi Doktor Engineering bagi dosen UIR dan langsung bertemu dengan calon promotor untuk membahas potensi riset dan masa studi. 

Tidak berhenti pada kolaborasi fakultas teknik UIR, Dekan Fakultas IlmuKomunikasi Dr Muhd Ar Imam Riauan M I Kom turutmenawarkan kerjasama penelitian terkait big data, sentimenanalisis, dan sosial media kepada Dr Mohd Hilmi Hasan Senior Lecturer Department of Computer & Information Sciences dan perbincangan tersebut ditanggapi serius antara dua fakultas dan berlanjut pada perjanjian kerjasama berikutnya. 

​Gubernur Riau menyambut baik Kerjasama ini dan berharap program ini bisa segara diterapkan dan memberikan dampak yang signifikan bagi putra-putri riau. Program double degree yang akan dilaksanakan menganut proses pembelajaran hybrid dan by course (pembelajaran di kelas) yang ditempuh dalam kurun waktu yang ditentukan dalam kesepakatanlanjutannya. Mahasiswa Teknik UIR akan mendapatkan kesempatan kuliah dan menikmati iklim akademis di UniversitiTeknologi Petronas dalam kurun dua hingga empat semester dan akan mengantongi dua ijazah yaitu dari UIR dan UTP. 

Selanjutnya, UIR akan turut mengirim staf akademik dan laboran untuk bekerja secara penuh (full time) dan mengikutirangkaian pendidikan dan kursus pengelolaan manajemenakademik dan laboratorium selama dua bulan di UTP.

Dalam sambutannya disela seremonial penandatangan MoU, Vice Chancellor UTP Prof Ts Dr Mohammad Ibrahim Bin Abdul Mutalib mengutarakan kegembiraannya pada kelangsungan dan perpanjangan MoU UIR-UTP dan tidak sabar menikmatisantapan khas Riau yaitu asam pedas patin.

“pak Rektor dan yang mulia Gubernur Riau, saya sangat bergembira pada raihan kerjasama ini dan sudah kitarasakan bersama hasilnya melalui publikasi artikel ilmiah, kolaborasi penelitian dan pertukaran pelajar kita. Saya sangat rindu makan asam pedas patin di Pekanbaru semogakita bisa berjumpa lagi di Pekanbaru.” Sambut Prof Ibrahim.

Sebagai wujud apresiasi pada program ini, Rektor UIR dalam sambutan penutupnya menegaskan bahwa melalui kolaborasi ini, UIR akan membuktikan akan mampu mewujudkan visi 2041 menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia dan mencetak alumni berkualitas.(zal/rls)

 





Berita Terkait

Tulis Komentar