UIR Gelar One Day Academic Service di Malaysia

  • Selasa, 28 Februari 2023 - 19:33:44 WIB | Di Baca : 562 Kali

 

Seriau,- Hadir di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SLKI) dalam rangkaian kerjasama internasional, Universitas Islam Riau (UIR) memberikan pelayanan pendidikan bagi siswa-siswi Indonesia di Malaysia. Beberapa fakultas yang hadir pada lawatan internasional ini adalah Fakultas Hukum yang diwakili oleh Dr Admiral SH MH Fakultas Psikologi yang diwakili oleh Dr Fikri SPsi MPsi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik yang diwakili oleh Prof Dr H Nurman S Sos MSi dan Dr Rendi Prayuda S IP MSi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang diwakili oleh Dr Sri Yuliani, MPd dan Andi Idayani SPd M Pd, dan Fakultas Ilmu Komunikasi yang diwakili oleh Dr Harry Setiawan MI Kom.

Para pembicara yang hadir dalam kegiatan tersebut memberikan pelayanan berbasis keilmuan yang di miliki seperti bantuan hukum dan pengenalan hukum oleh Admiral, Pelayanan Kesehatan mental oleh Fikri, dan Pengetahuan Politik Dasar dan Ice Breaking oleh Rendi dan pengetahuan tentang bisnis pemula oleh Prof Nurman Sepanjang pelaksanaan kegiatan pelayanan akademis yang dikemas dalam program Abdimas (Pengabdian Kepada Masyarakat) Internasional delegasi dosen-dosen dari UIR turut memberikan solusi pada masalah kesenjangan budaya yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia yang dialami siswa Sekolah Menengah atas SIKL dengan pendekatan yang menyenangkan. 

Menghadirkan aktifitas penanaman karakter, pengenalan diri agar dapat memecahkan masalah pribadi, dan berfikir kritis yang disampaikan oleh Wakil Dekan Fakultas Psikologi Dr Fikri SPsi MPsi Materi Ice breaking yang mengantarkan siswa-siswi dalam upaya menggali potensi dan kepercayaan diri sehingga siswa-siswi mampu dan berani bersaing dalam kancah internasional disampaikan oleh Dr Rendi Prayuda S IP MSi, Dosen Program Studi Hubungan Internasional FISIPOL UIR. 

Selanjutnya, Prof Dr H Nurman S Sos MSi memberikan motivasi agar siswa-siswi berani mengembangkan potensi membangun bisnis pemula dan Admiral SH MH melengkapi gagasan tersebut dari perspektif hukum. Srikandi FKIP UIR yang menjadi delegasi pada lawatan internasional ini memberikan pengetahuan keterampilan berbahasa Inggris dan potensi pengembangan studi kebahasaan bagi seluruh peserta yang saat ini berada pada kelas 11 dan 12. 

Materi literasi digital dan sosial media dalam upaya menangkal penyebadan hoax diberikan oleh dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Dr Harry Setiawan MI Kom Keseluruhan kegiatan one day academic service di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur ditutup dengan makan bersama kudapan khas dari Provinsi Riau seperti bolu kemojo, kacang pukul, dan dodol durian. Upaya ini dilakukan untuk mengobati kerinduan siswa-siswi pada tanah air tercinta, menanamkan keberagaman, dan menjaga semangat nasionalisme Indonesia pada siswa-siswi di Malaysia.

Dalam kegiatan one day academic service ini turut hadir Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH M.Cl, Direktur Program Pascasarjana Prof Dr H Yusri Munaf SH Mhum, Ketua Program Studi S3 Ilmu Hukum Prof Elydar Chaidir SH MHum, Dosen Program Studi S3 Ilmu Hukum Prof Dr H Thamrin SH Mhum, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Dr Muhd Ar Imam Riauan, M I Kom, Wakil Dekan Fakultas Hukum Dr Rosyidi Hamzah SH MH. (rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar