UIR Wisuda 1.747 Lulusan Program Doktor hingga Ahli Madya  

  • Kamis, 16 Februari 2023 - 20:11:46 WIB | Di Baca : 1819 Kali

 

Seriau,- Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL melantik 1.747 wisudawan dan wisudawati pada Wisuda Doktor, Magister, Sarjana dan Ahli Madya Periode I Tahun 2023/2024 yang dilaksanakan di GOR Volly Kampus UIR Pekanbaru, pada Kamis (16/2/2023) serta secara streaming yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Uir Official. 

Gelaran wisuda pada periode melantik 1.747 yang terdiri dari 1 wisudawati Program Doktor, 121 Wisudawan Program Magister, 1625 Wisudawan Program S1, dan 2 wisudawan Program Ahli Madya, juga 2 mahasiswa asing sehingga ditotalkan jumlah alumni UIR saat ini sebanyak 69.223 orang.

Dalam pidatonya Prof Syafrinaldi mengatakan rasa syukur atas terlaksananya upacara wisuda yang kembali dilaksanakan secara tatap muka dan turut mendatangkan wali ataupun orang tua para wisudawan serta wisudawati. 

"Alhamdulillah rasa syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas kembali terlaksananya gelaran wisuda secara tatap muka dan menghadirkan baik orang tua dan wali dari para wisudawan yang tentunya seremonial sangat kita nantikan oleh keluarga wisudawan pasca pandemi Covid 19 yang sempat melanda Indonesia," ujar Rektor UIR. 

Rektor juga menyampaikan beberapa pencapaian juga prestasi yang diraih oleh civitas akademika beberapa waktu terakhir, diantaranya UIR kembali dipercaya untuk melanjutkan project oleh DAAD Jerman untuk dua tahun kedepan, UIR juga berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan berupa Penghargaan Kerjasama Internasional Terbaik bersama dengan 74 PTS se Indonesia. 

Posisi UIR saat ini berada pada peringkat 120 pada Top Islamic Universities in the world pada tahun 2021 versi Uni Rank dan peringkat 110 pada tahun 2022 Top Islamic Universities in the World. Ditahun yang sama UIR mendapatkan apresiasi dari Kemdikbudristek dalam bidang pelaksanaan MBKM periode I sebagai PTS terbaik bersama 12 PTS lainnya. Untuk itu Kemenristekdikti memberikan dana sebesar Rp 900 Juta  dalam bentuk Program riset dan abdimas di bidang MBKM.

Dalam mewujudkan Visi UIR 2041 “Menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Taqwa” harus diikuti dengan upaya dan kerja keras sambil berdoa kepada Allah SWT. Dengan tagline “bersama kita bisa” Rektor mengajak semua pimpinan UIR, Fakultas dan Program studi serta semua dosen dan  pegawai untuk terus bekerja keras, bekerja dengan penuh semangat untuk memajukan prodi masing-masing, memajukan Fakultas dan UIR.

Prof Syafrinaldi tidak lupa berpesan kepada seluruh wisudawan dan wisudawati semoga setelah menamatkan pendidikan di UIR dapat membanggakan bagi almamater, orang tua serta berguna bagi nusa bangsa dan agama 

"Hormati dan sayangi lah kedua orang tua, banggakan mereka ungkapkan rasa terima kasih pada mereka karena selama ini telah menyayangi dan selalu mendukung ananda sekalian dari awal berkuliah hingga selesai menamatkan pendidikan dengan resmi diwisuda pada hari ini," ungkapnya. 

Selaku Ketua Umum YLPI Riau Prof Dr H Nurman SSos MSi mengungkap untuk selalu berkomitmen dalam pelaksanaan pelayanan perguruan tinggi dalam upaya mendukung UIR sebagai salah satu layanan pendidikan yang berada dibawah naungan YLPI Riau menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa. 

"Untuk di ketahui bersama bahwa YLPI Riau selalu berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan pelayanan Perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Islam Riau," ungkap Nurman 

Prof Nurman juga berpesan kepada para wisudawan yang dilantik bahwa pasca diwisuda akan ada berjuta lapangan kerja yang tersedia dan tidak berputus asa untuk berusaha dan membanggakan orang tua maupun almamater di masa depan. 

Hadir juga Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma SH MPd dalam kesempatannya menyampaikan sambutan bahwa seremonial wisuda yang diselenggarakan merupakan suatu momentum bergantinya status dari mahasiswa menjadi insan yang kelak mengemban tanggung jawab secara sosial menjadi insan yang berkredibilitas. (rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar