UIR dan Universiti Melaka Sepakat Lakukan International Academic Collaboration

  • Kamis, 02 Februari 2023 - 23:18:21 WIB | Di Baca : 752 Kali

 

Seriau,-Dalam rangka usaha dan percepatan menuju Visi UIR Unggul 2041 “Menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa” Universitas Islam Riau terus melaksanakan berbagai kerjasama dalam mendukung pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi. Salah satu bentuk usaha tersebut adalah dengan melaksanakan kerjasama berbentuk International Academic Collaboration dengan Universiti Melaka (UNIMEL) yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat, pada Kamis (2/2/2023). 

Pada kegiatan yang berlangsung sangat kekeluargaan dan hangat tersebut juga turut dilaksanakan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Prof Dr Abdul Razak bin Ibrahim selaku Naib Canselor UNIMEL dan Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL Rektor UIR. 

Prof Abdul Razak dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi sambutan yang begitu hangat oleh UIR, dirinya juga mengungkapkan lawatan ke Pekanbaru merupakan lawatan internasional pertama bagi UNIMEL setelah resmi menjadi universitas setelah sebelumnya selama 26 tahun menjadi Kolej Universiti Islam Melaka (KUIM).

“Lawatan ini kami laksanakan sebagai bentuk internasional activity setelah naik taraf sebelumnya dari kolej universiti islam melaka menjadi universiti melaka baru resmi satu tahun berlalu, lawatan ini juga dilaksanakan guna meningkatkan international activity bagi universiti kami,” ujar Prof Abdul Razak. 

Naib Cancelor UNIMEL itu juga mengharapkan pertemuan antara dua instansi pendidikan tersebut tidak hanya tertuang di secarik kertas saja tetapi juga harus dibuktikan dengan tindak lanjut pelaksanaan berbagai kegiatan akademis dan kolaborasi yang dapat bermanfaat bagi kedua universiti. 

Sementara Rektor UIR Prof Syafrinaldi turut menanggapi sambutan yang dipaparkan oleh pihak UNIMEL dengan sangat positif dengan mengatakan UIR akan secepatnya mengambil momen dan menindaklanjuti segera MoU yang telah dilaksanakan. 

“Terimakasih atas kedatangan rombongan UNIMEL ke kampus kami, dengan kedatangan dan kerjasama yang kita laksanakan hari ini tentu menambah daftar kerjasama internasional kami dengan kampus-kampus di luar negeri sebagai upaya perwujudan Visi UIR 2041, kedepannya kita ambil momen secepatnya serta segera membahas berbagai kolaborasi yang sekiranya dapat kita laksanakan demi kejayaan universiti melaka dan universitas islam riau” ungkap Rektor dalam sambutannya. 

Syafrinaldi juga menceritakan sejarah dan mengenalkan berbagai raihan pencapaian yang telah UIR raih dalam kurun waktu sejak disahkannya visi unggul 2041 serta Potensi kerjasama yang sekiranya bisa dilaksanakan kedepannya seperti matching grand, visiting lecture, student exchange, research dan publikasi internasional yang kedepannya bisa dilaksanakan. 
 
Selanjutnya, acara lalu dilanjutkan dengan diskusi ringan kedua universitas yang dipimpin oleh Kepala Kantor Urusan Internasional Kerjasama (KUI&K) Dr Rendi Prayuda SIP MSi. 

Turut hadir dari UIR Ketua Bidang Pendidikan YLPI Riau Dr Hj Dewi Fortuna Ayu Rawi STP MSi, Wakil Rektor I Dr H Syafhendry MSi, Wakil Rektor III Dr Admiral SH MH, Dekan Fakultas Pertanian Dr Ir Hj Siti Zahrah MP, Dekan Fakultas Teknik Dr Eng Muslim ST MT, Kepala KUI&K Dr Rendi Prayuda SIP MIP, Direktur DDIK Dr Anton Afrizal Candra SAg MSi.  Hadir juga dari UNIMEL Naib Canselor Prof Dr Abdul Razak bin Ibrahim, Pegawai Khas Naib Canselor Prof Dr H Baharuddin bin H Puteh, dan Pegawai Unit Antar Bangsa Norsalman bin Mohd Nor. (rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar