SMAN 7 Pekanbaru Launching Digitalisasi Sistem Manejemen Sekolah, Plt Kadisdik Riau Beri Apresiasi

  • Sabtu, 28 Januari 2023 - 19:57:17 WIB | Di Baca : 1394 Kali

 

Seriau,- Guna mempermudah komunikasi antara orangtua siswa dan pihak sekolah, SMAN 7 Pekanabru me-launching digitalisasi akademik dan administrasi sekolah.
Launching ini langsung dilakukan oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Job Kurniawan, Jumat (27/1) sore.

Program digitalisasi ini bekerja sama dengan Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) dan Simak.id.

Dalam kesempatan tersebut, Job Kurniawan mengapresiasi program yang telah dibuat oleh SMAN 7 Pekanbaru dalam mempermudah segala sistem manajemen sekolah baik itu administrasi sekolah, akademik sekolah dengan sistem digital." Jadi program ini bisa memudahakan sekolah menginformasikan kepada orang orangtua siswa baik itu menyangkut dengan manajemen dan akademik sekolah," kata Job, Jumat (27/1).

Launching digitalisasi ini, kata Job, baru pertama dilakukan oleh sekolah di Riau. Program digitalisasi sekolah ini tidak hanya memudahkan bagi sekolah saja, tapi juga Disdik Riau dalam hal pengambilan kebijakan salah satunya mengenai distibusi guru.

" Dari sistem ini kita bisa melihat secara pasti guru disekolah mana yang kekurangan guru dan kelebihan bisa dilihat dari sistem aplikasi ini," kata Job.

Kepala SMAN 7 Pekanbaru Dr Nurhafni menyebutkan digitalisasi sistem manajemen akademik dan administrasi sekolah ini melibatkan Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) dan Simak. id dalam upaya mempermudah komunikasi antara orangtua siswa dan pihak sekolah. Orangtua bisa memantau anaknya langsung apakah mengikuti pembelajaran di sekolah atau tidak. Orangtua bisa memantau kehadiran siswa dan ekskul sekolah. Selain itu, prestasi siswa dan pembelajaran digital juga ada dalam aplikasi tersebut.

" Nanti orangtua bisa mendowload apliakasi yang diberikan oleh sekolah. Aplkasi ini juga mempermudah administrasi yang dilakukan oleh sekolah," kata Nurhafni.

Dengan adanya program ini, tidak terlepas dari peran dan kerjasama dari orangtua siswa. Sebab, tanpa dukungan orangtua dan kerja sama mustahil program sekolah akan berjalan dengan baik." Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada orangtua yang selalu mendukung program salah satunya digitalisasi manajemen akademik dan administrasi sekolah," kata Nurhafni.

Sementara itu perwakikan Simak.Id Johan mengatakan, aplikasi Simak.id merupakan informssi manajemen sistem dimana Simak id memberikan informasi kepada orangtua secara realtime dengan mobile aplikasinya. Dalam mobile aplikasi semua mengenai data pendidik, hasil pembelajaran siswa bisa langsung diketahui oleh orangtua siswa.

" Jadi mobile aplikasi ini bisa melihat jadwal, kehadiran siswa, hasil pembelajaran siswa, ektrakulikuler, profil siswa evaluasi pembelajaran hingga asesmen personality semua ada di mobile aplikasi," kata Johan.

Hadir dalam launching manajemen akademik dan administrasi sekolah antara lain Ketua Umum DPP AKSI Dr Asep Tapip, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Dr Abdul Jamal, Perwakilan Dinas Kominfo Provinsi  Riau, Anggota DPRD Riau, Ketua  Forkom Riau Delisis, perwakilan LAM Riau Khaidir Akmalmas, Digital Conten Businer Mr Kim Jong Kyu, Pengawas Pembina SMKN 7 Pekanbaru, camat senapelan, lurah serta orangrua siswa. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar