Rektor Unri Resmikan Gedung M. Diah FKIP

  • Rabu, 04 Januari 2023 - 20:35:38 WIB | Di Baca : 1537 Kali

 

Seriau,- Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Sri Indarti SE.M. SI meresmikan Gedung M. Diah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (FKIP Unri), Rabu (4/1) pagi.

Dekan FKIP Unri, Prof Dr Mahdum M.Pd dalam sambutannya mengatakan gedung yang dibangun dengan dana Rp 3,5 miliar ini dilengkapi dengan panggung ini bisa menampung 700 kursi. Di samping itu, ada juga sejumlah ruangan pelengkap. Meski demikian, untuk interiornya masih perlu dilengkapi. 

Di dalam ruangan ini nantinya dibutuhkan videotron. Gedung ini juga masih perlu pembenahan landscape yang bagus. Sehingga, gedung ini diharapkan dapat menjadi ikon FKIP Unri. Untuk itu, FKIP membutuhkan banyak dukungan. 

" Di halaman gedung juga akan menanam sejumlah pohon di sekitar gedung. Ada ratusan bibit pohon yang disiapkan seperti pohon meranti matoa, dan durian, " kata Mahdum, Rabu (4/1)

Gedung M Diah ini, kata Mahdum, digunakan untuk mendukung kegiatan akademis bagi dosen dan mahasiswa. Dimana, sampai bulan Mei mendatang, di FKIP bakal ada 16 olimpiade yang diselenggarakan mahasiswa." Gedung ini juga akan menjadi tempat pelaksanaan kegiatan non akademis," ujar Mahdum.

Nama M. Diah, kata Mahdum, diambil berdasarkan masukan dari berbagai pihak. Kemudian, secara administrasi nama gedung ini telah disetujui oleh pihak keluarga mendiang M.Diah dan disahkan oleh rektor.

Sementara Rektor Unri Prof Sri Indarti mengatakan keberadaan gedung ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Karena representatif dan mewah. Gedung ini penting untuk kegiatan belajar mengajar. 

Kemudian, hari Sabtu dan Minggu bisa dimaksimalkan untuk kegiatan non akademis yang berpotensi mendatangkan pemasukan bagi fakultas." Jadi diharapkan gedung ini bisa dipakai untuk aktivitas akademis maupun non akademis," ujarnya.

Sri Indarti berharap kedepan akan berdiri gedung lainnya yang menggunakan nama tokoh Unri. Khususnya di fakultas-fakultas lainnya. Dia menilai, penggunaan nama M. Diah sangat beralasan. Karena beliau merupakan mantan Rektor Unri dan pernah menjadi dekan FKIP. " Tentunya sudah banyak torehan sejarah yang dilakukan beliau," ujar Rektor.

Dia juga menyebut ada sejumlah gedung yang tengah dibangun dengan anggaran sekitar Rp 800 miliar. Semua itu didirikan untuk melengkapi sarana dan prasarana penunjang aktivitas kampus Unri. Sri Indarti berharap, semua pihak bersinergi dan berkolaborasi untuk menggunakan fasilitas atau sarana yang ada secara optimal." Kalau bukan kita, siapa lagi yang menjaga rumah kita sendiri," ujar rektor. 

Sementara Prof Dr Muhammad Nur perwakilan keluarga M. Diah memuji pimpinan FKIP Unri karena telah merealisasikan gedung serbaguna ini. Menurut dia, keinginan memiliki gedung serbaguna sudah lama direncanakan. Tujuannya agar berbagai kegiatan di FKIP tidak lagi menggunakan badan jalan. 

" kami dari pihak keluarga mengucapkan terima kasih kepada rektor dan dekan beserta jajaran. Kami pihak keluarga tak pernah terpikir gedung ini diberi nama M. Diah," ungkap M. Nur. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar