Harumkan Nama Riau, Gubri Serahkan Penghargaan kepada 98 Siswa Berprestasi Tingkat Nasional dan Internasional

  • Kamis, 15 Desember 2022 - 15:37:42 WIB | Di Baca : 1314 Kali

 

Seriau,- Gubernur Riau  H. Syamsuar memberikan penghargaan kepada 98 siswa berprestasi mulai dari SD, SMP, SMA, SMK dan SLB tahun 2022. Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi kepada siswa karena telah berhasil mengharumkan nama Riau dilevel nasional dan Internasional.

“ Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada ananda semua yang mengharumkan nama Riau dengan meraih prestasi baik bidang akademik dan non akademik,” kata Gubri, Kamis, (15/12) di Balai Pelangi

Gubri juga mengatakan Indeks pembangunan manusia (IPM) menjadi salah satu indikator keberhasilan dibidang pendidikan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Riau, IPM Provinsi Riau tahun 2022 yaitu sebesar 73,52 persen atau tumbuh sebesar 0,80 yang artinya meningkat sebesar 0,58 poin dibanding capaian tahun sebelumnya.

Ini dibuktikan dari siswa ini yang mendapat juara nasional dan internasional dari berbagai kalangan, aspek dan berbagai bidang pembelajaran hingga olahraga.

Meskipun begitu, Gubri berpesan kepada para guru, siswa, dan pihak terkait agar tak cepat berpuas diri dengan apa yang sudah dicapi selama ini namun perlu juga upaya bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“ Bagaimana bisa meningkatkan kualitas pendidikan ini, tidak hanya puas dengan situasi ini saja,” katanya

Menurutnya, guru yang berkualitas akan melahirkan murid yang berkuakitas pula. Untuk itu, generasi muda ini perlu dipersiapkan dengan baik.

“ Kalau anak muda ini tidak kita persiapkan dengan kualitas pendidikan yang baik, itu akan menjadi bencana,” ujarnya.

Sementara itu Plt Kadisdik Riau M Job Kurniawan mengatakan kategori lomba yang dimenangkan diantaranya olympiade matematika, sains, seni, dan olahraga. Total perolehan 18 medali emas, 16 medali perak, dan 28 medali perunggu yang diraih oleh siswa jenjang SD, SMP, SMA, SMK, MA dan SLB.

Sedangkan bonus yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Riau untuk mereka yang berhasil mencapai tingkat Internasional emas atau juara I yaitu Rp. 20 juta, perak atau juara II Rp. 15 juta, dan perunggu atau juara III Rp. 10 juta.

Bonus tingkat nasional emas atau juara I yaitu sebesar Rp. 6 juta, perak atau juara II Rp. 5 juta, perunggu Rp. 4 juta, harapan I Rp. 3,5 juta, harapan II Rp. 3 juta, dan harapan III Rp. 2,5 juta." Bonus  ini sebagai bentuk penghargaan yang kami berikan untuk menambah motivasi kepada siswa lainnya untuk bisa berprestasi juga," kata M Job. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar