Bangkitkan BUMDes, Pemprov Riau Gelar Pelatihan Manajemen BUMDes

  • Rabu, 23 November 2022 - 14:27:18 WIB | Di Baca : 596 Kali

 

SeRiau - Untuk membangkitkan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes, Pemerintah Provinsi Riau memggelar pelatihan peningkatan kapasitas manajemen bumdes. pelatihan berlangsung disalah satu hotel di bagansiapiapi, rabu (23/11/22).

kegiatan yang bersumber dari dana bantuan keuangan khusus provinsi riau ini ditaja oleh Badan Kerjasama Antar Desa (BAKD) diikuti direktur, sekretaris, bendahara dan kepala unit setiap bumdes yang ada di rohil. sementara narasumber langsung disampaikan oleh Kepala PMD Rohil Yandra Sip, Msi.

"kegiatan ini adalah dalam rangka merealisasikan bantuan keuangan khusus provinsi untuk percepatan pemberdayaan bumdes, kata Yandra".

ditambahlan yandra, memajukan bumdes menjadi salah satu perintah presiden dalam rangka menunjang pendapatan desa, "sesuai arahan presiden bahwa bumdes merupakan suatu sarana untuk menggali dan memberdayaan potensi desa untuk membackup dana desa dan adk, sebutnya".

jika bumdes di suatu desa bisa difungsikan dengan baik maka akan berdampak positif terhadap kemajuan desa tersebut.

"kalo sebuah bumdes bisa berfungsi dengan baik maka akan menambah untuk pendapatan desa dan membuka lapangan pekerjan, selain itu kita tidak perlu lagi mengandalkan dana desa maupun adk, harapnya".

dari sekian bumdes yang berdiri disetiap desa di rokan hilir, hanya 4 bumdes yang saat ini beroperasional dengan baik dan berbadan hukum. untuk itu diharapkan melalui pelatihan bisa bisa membangkitkan semangat manajemen untuk mengembangkan bumdes kedepannya. (ad) 





Berita Terkait

Tulis Komentar