PKM Dosen FAI UIR" Tingkatkan Kemampuan Ilmu Tajwid Remaja di Desa Sungai Petai dengan Media Macro Media Flash8".

  • Kamis, 03 November 2022 - 20:17:29 WIB | Di Baca : 1455 Kali

 

Seriau,- Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam (FAI) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tanggal 9 Oktober 2022 lalu. 

Lokasi yang dipilih pada pelaksanaan pengabdian kali ini tepatnya di Musholla Nurul Hidayah di Desa Sungai Petai Kampar Kiri Kabupaten Kampar Riau.

Tiga dosen yang melaksanakan Pengabdian adalah Musyadad Haharap,S.Pd.I.,M.Pd.I sebagai ketua pengabdian dan diikuti oleh dua orang dosen lainnya yaitu Dr. Firdaus, M.Pd.I dan Ary Antoni Putra, MA.

Tema yang diangkat dalam PKM kali ini " Pemanfaatan Media Macro Media Flash8 Untuk Meningkatkan Kemampuan Ilmu Tajwid Remaja di Desa Sungai Petai Kecamatan Kampar Kiri Hilir".

Pelaksanaan PKM sebagai bentuk tanggungjawab akademis dosen tertuang dalam TriDharma PerguruanTinggi. PKM ini juga merupakan bentuk implementasi terhadap Q.S.Al-Qashashayat77 " Berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu."

Potongan ayat ini sudah menjadi semboyan YLPI Riau dan semangatnya selalu diaktualisasikan disemua lembaga yang dikelola oleh YLPI Riau.

Pengabdian ini bertujuan untuk mengajarkan dan meningkatkan pengetahuan peserta pengabdian tentang pelajaran tajwid yang mana dalam hal ini difokuskan pada pengajaran hukum “ Nunsukun atau tanwin”. Dengan menggunakan media Macro Flash8 

Tim pengabdian menyimpulkan bahwa pengajaran Ilmu Tajwid lebih menyenangkan dan konten pembelajaran lebih mudah untuk dikuasai oleh peserta pengabdian.

Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya pemahaman peserta pengabdian setelah mendapatkan materi dengan menggunakan Media Macro Media Flash8.

Para peserta terlihat antusias mengikuti serangkaian acara Pengabdian Masyarakat yang dilakukan ini. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat para peserta juga mendapatkan buah tangan atau pun cinderamata dari TIM Pengabdian Masyarakat.

Tidak hanya itu,TIM pengabdian masyarakat juga memberikan doorprize bagi peserta yang berprestasi dan juga memiliki keunggulan-keunggulan yang lainnya.***





Berita Terkait

Tulis Komentar