Guru dan Siswa Gunakan Pakaian Adat Daerah. Begini Cara SMAN 4 Pekanbaru Peringati Sumpah Pemuda

  • Selasa, 01 November 2022 - 22:22:00 WIB | Di Baca : 1750 Kali

 

Seriau,- Setiap tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Sumpah Pemuda. Begitu juga dengan SMAN 4 Pekanbaru memperingati Sumpah Pemuda ke 94 tahun yang diawali dengan upacara bendera. 

Uniknya, upacara bendera sumpah pemuda yang dilaksanakan, Jumat (28/10) seluruh peserta upacara mulai dari kepala sekolah, guru dan  perwakilan paguyuban siswa mengunakan pakaian adat daerah yang ada di Indonesia.

" Ini cara kita memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mengunakan pakaian adat nusantara saat upacara bendera. Ini salah satu upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme pendidikan cinta tanah air yang terangkum dalam kurikulum mardeka," kata Kepala SMAN 4 Pekanbaru, Hj.Yan Khoriana, M.Pd, Jumat (28/10) di Pekanbaru

Saat upacara bendera berlangsung, Khori juga membacakan sambutan Menpora RI tentang peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022. Dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada petugas upacara dan orangtua yang berkenan hadir dalam kegiatan upacara Sumpah Pemuda tahun ini.

" Dengan memakai pakaian adat daerah pada upacara ini, diharapkan peserta didik mendapatkan edukasi wawasan kebangsaan akan keberagaman suku dan adat istiadat di Indonesia. Sehingga akan tertanam rasa cinta akan budaya nusantara," kata Khori.

Selain itu, dalam memeriahkan Hari Sumpah Pemuda tersebut juga diadakan kegiatan Lomba Fashion show Pakaian Adat dari semua provinsi di Indonesia, Lomba Design Poster dan Lomba Ranking 1. Kegiatan ditutup dengan pembagian piala dan hadiah bagi para pemenang lomba.(rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar