BGP Provinsi Riau Latih 60 Guru PAUD Jadi Agen Percepatan Penurunan Stunting di Riau

  • Ahad, 30 Oktober 2022 - 16:40:05 WIB | Di Baca : 1262 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 60 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di 3 daerah di Riau dilatih untuk disiapkan menjadi agen pencepatan penurunan stunting di Riau. Tiga daerah yang mendapat Pelatihan Calon Pelatih (PCP) Diklat Berjejang Tingkat Dasar yakni Kabupaten Kampar 20 orang, Kuansing 20 orang dan Dumai 20 orang.

" Mereka ini kita siapkan untuk menjadi agen percepatan penurunan stunting di Riau," kata Kepala BGP Riau melalui Kasubag Umum BGP Riau Musnedi, S.Si saat menutup Bimtek PCP Percepatan Penurunan Stunting Angakatan XVII di Hotel Labersa, Sabtu (29/10)

Dikatakan Musnedi, Bimtek PCP bagi guru PAUD sudah dilaksanakan 9 kabupaten/kota tahun 2020 dan 2021. Daerah yang belum mendapatkan Diklat PCP yakni Kampar, Dumai dan Kuansing. Tujuan PCP ini, kata Musnedi, untuk menjadi trainer agen percepatan penurunan  stunting di daerahnya masing masing.

" Apa yang sudah diberikan narasumber harus bisa ditransferkan  ilmunya bagi guru didaerah yang belum mendapatkan Diklat PCP penurunan stunting. Bapak ibu guru akan menjadi narasumber di daeranhya jika dalam PCP ini bapak ibuk guru dinyatakan lulus," kata Musnedi

Dalam Bimtek PCP yang berlangsung selama 6 hari ini, kata Musnedi, menghadirkan narasumber seperti Prof Dr Gunarti. Dwi L MSi. MPd dari Universitas Negeri Surabaya, Dr Irma Yuliantina. MPd dari Universitas Panca Sakti Bekasi, Dr Widia Winata.MPd dari Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Dr Nuraeni. SPd. MSi dari Univeritas Pendidikan Madalika NTB.

Sementara itu koordinator narasumber Prof. Dr. Gunarti mengatakan faktor penyebab stunting ini adalah gizi yang kurang baik ketika bayi masih didalam kandungan maupun ketika bayi sudah lahir. Seribu hari pertama sejak bayi lahir ini sangat penting untuk mengidentifikasi apakah bayi itu kekurangan gizi atau tidak.

Selain asupan gizi yang kurang, Gunarti juga menyebutkan pola makan tidak tepat juga bisa menyebab stunting pada anak. Oleh sebab itu, jangan heran jika ada orangtuanya mampu dalam ekonomi, tapi anaknya kurang gizi." Makanan yang bergizi dan makanan tambahan serta pola makan yang tepat bisa mengurangi stunting," ujar Gunarti.

Gunarti juga berpesan kepada guru PAUD yang sudah mendapat Bimtek PCP ini akan menjadi agen percepatan penurunan stunting di daearhnya masing masing. Para agen bisa mendeteksi warganya jika ada ditemukan kasus stunting.

" Jadi yang paling penting itu bagaimana kita bisa mendeteksi adanya stunting ditempat tinggal kita masing masing. Agen percepatan penurunan stunting yang sudah kita latih dapat menjadi narasumber bagi guru lain di daerahnya masing masing," kata Gunarti (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar