Penghafal Alquran Orangnya Cerdas, Gubri Tutup dan Serahkan Hadiah Lomba Tahfidz Antar Siswa SMA

  • Kamis, 27 Oktober 2022 - 13:59:54 WIB | Di Baca : 1249 Kali

 

Seriau,- Lomba Tahfidz Bagi Siswa SMA se Provinsi Riau yang ditaja oleh Disdik Riau mendapat apresiasi dari Gubernur Riau H Syamsuar. Orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning ini menyempatkan diri menutup dan menyerahkan langsung hadiah pemenang lomba tahfidz bagi siswa di Riau.

Dihadapan peserta lomba dan pembimbing, Syamsuar mengatakan bahwa penghafal alquran merupakan orang orang yang cerdas dan mengusai berbagai ilmu. Ini bisa dilihat dari banyaknya anak tahfidz yang diterima kuliah di perguruan tinggi ternama, tidak hanya di Riau tapi juga diluar Riau seperi UI, UGM bahkan di Al Azhar Kairo Mesir ada siswa asal Riau jalur tahfidz yang diterima kuliah

" Ada penelitian anak penghafal alquran anak cerdas, pintar semua ilmu bisa dikuasai. Banggalah orangtua yang mempunyai anak penghafal alquran," kata Syamsuar saat menutup Lomba Tahfidz Bagi Siswa SMA se Provinsi Riau, Rabu (26/10) malam 

Gubri juga memberi semangat terus membaca alquran dan belajar. Malu kalau anak melayu Riau tidak bisa membaca alquran. Gubri menyampaikan agar lomba tahfidz dapat terus ditingkatkan lagi kedepannya agar anak di Riau ini semakin banyak yang menggemari hafalan Alquran." Tahun depan kegiatan ini kita tingkatkan lagi.  Dengan lomba ini akan tumbuh anak Riau pengahaf alquran," kata Gubri.

Sementara itu Kepala Bidang SMA Disdik Riau Pahmijan mengatakan
Lomba Tahfidz Bagi Siswa SMA se Provinsi Riau baru pertama kali digelar Disdik Riau. Jumlah peserta yang mengikuti lomba tahfidz alquran berjumlah 72 orang dengan rincian masing masing daerah mengirimkan 6 peserta terdiri dari 3 putra dan 3 putri. Setiap peserta juga didampingi satu orang pembimbing.

Jenis lomba yang dipertandingkan dalam tahfidz alquran dibagi dalam 3 kategori yakni kategori 1 hafalan juz 1, juz 29 dan juz 30. Selanjutya, kategori 2 hafalan juz 28, juz 29 dan juz 30 dan kategori 3 hafalan bebas.

" Peserta yang berlomba ini merupakan siswa terbaik dari MKKS SMA kabupaten/ kota di Riau," kata Pahmijan.

Hadir dalam penutupan lomba tahfidz alquran siswa SMA se Provimsi Riau, Kabid SMA Disdik Riau Pahmijan, Kacabdis Disdik Riau Wilayah I, II, III dan IV, Kasubag Keuangan  Disdik Riau Harisman, Kasubag Kepegawaian Disdik Riau Harun Al Rashid, Ketua MKKS SMA Kota Pekanbaru dan beberapa kepala SMAN Kota Pekanbaru.

Bagi pemenang lomba, masing masing menerima sertifikat, piala dan uang pembinaan. Juara pertama menrima uang tunai Rp 3,5 juta, juara 2 menerima uang tunai Rp 3 juta dan juara 3 menerima uang tunai Rp 2,5 juta.

Adapun nama-nama yang berhasil meraih juara dalam lomba tahfidz adalah kategori pertama (Juz 29 - 30), juara I diraih oleh M Nabil Al Harist T dari SMA Cendana Mandau Kabupaten Bengkalis. Juara II Proudy dari SMAS Al Muslimun Kabupaten Pelalawan dan Juara III Haidir Saputra dari SMA IT Plus Bazma Brilliant Kota Dumai.

Kategori kedua (Juz 28,29 dan 30), Juara I diraih oleh M Soeltan Sirradi dari SMAN 2 Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Juara II Habib Alam Nur dari SMA Muhammadiyah Bangkinang Kota Kabupaten Kampar dan juara III diraih oleh Dani Hafiz Alhamizan dari SMA ALFTYAH Kota Pekanbaru.

Selanjutnya kategori hafalan bebas (Juz 1,2 dan 3), juara 1 diraih oleh Zainul Akmal dari SMAN 4 Bengkalis, juara II Zidany dari SMAN 1 Tualang Kabupaten Siak, juara III diraih oleh M Astomo dari SMA IT Plus Bazma Kota Dumai.

Untuk hafizah dengan kategori pertama (Juz 29 dan 30) , juara I diraih oleh Aiffiyah Husna dari SMA QURAN Internat Ibadurrahman. Lalu, Juara II Aisyah Ismatunnisa SMA Alfityah Kota Pekanbaru, Juara III Wirda Hayati dari SMAN 1 Benai Kabupaten Kuantan Singingi.

Kategori kedua (Juz 28,29 dan 30), juara I diraih oleh Afifah Muthmainnah SMAN 1 Tualang Kabupaten Siak. Selanjutnya, juara II Iffah Lista dari SMAS Darul Huda Lirik Kabupaten Indragiri Hulu, juara III Hilmy Hafizhah Andisa dari SMAN 1 Pangkalan Kerinci.

Sedangkan, untuk kategori bebas (Juz 1,2 dan 3), Juara I atau umum diraih oleh Dita Herwiyananda dari SMAN 4 Bengkalis. Lalu, juara II Naila Trianita dari SMA Islami Centre Kabupaten Siak dan juara III diraih oleh Rara Dava Anvasa dari SMAN 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir

Juara umum dalam lomba tahfidz alquran siswa SMA diraih oleh Kabupaten Bengkalis. Penyerahan piala dserahkan langsung Gubernur Riau kepada Kacabdis Wilayah II Disdik Riau Wan Robby.(zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar