DAK Fisik SLBN Pembina Pekanbaru Capai 35 Persen, PPTK: Target Desember Bisa Digunakan

  • Kamis, 20 Oktober 2022 - 10:02:43 WIB | Di Baca : 977 Kali

 

Seriau,- Progres pengerjaan pembangunan fisik Dana Alokasi Khusus (DAK) SLB Negeri Pembina Pekanbaru telah mencapai 35 persen. Ditargetkan pembangunan DAK yang bersumber dari APBN ini bisa digunakan Desember mendatang.

" Pengerjaan terus kita lakukan hingga pertengahan Oktober ini sudah mencapai 35 persen. Desember atau awal tahun gedungnya bisa digunakan ," kata PPTK DAK Fisik Bidang PKPLK Disdik Riau Abdul Karim, Rabu  (19/10) di Pekanbaru

Dikatakan Abdul Karim, DAK yang diterima SLBN Pembina Pekanbaru berupa ruang UKS, kantin sekolah dan ruang program khusus (prosus). Ketiga item ini, pembangunan terus berlangsung. Selain SLB Negeri Pembina Pekanbaru yang menerima DAK fisik, masih ada 6 SLB lainnya menerima DAK yakni SLB Negeri Siak, SLB Negeri Rokan Hulu, SLB Negeri Bangkinang Kota, SLB Negeri Gunung Sahilan, SLB Negeri Sido Mukti Pelalawan dan SLB Negeri Pelalawan.

Sistem pengerjaan DAK bidang PKPLK mengunakan tipe 1 swakelola yakni pengerjaan dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Dalam pengerjaan ada beberapa tahap. Dimana, tahap awal, dana yang dicairkan sebesar 25 persen. 

" Setelah selesai tahap pertama dan di review, barulah kembali diusulkan anggaran tahap dua sebesar 45 persen lagi dan tahap terakhir 30 persen," kata Abdul Karim.

Sementara Kepala SLBN Pembina Pekanbaru Moelya Eko Suseno MPd bersyukur sekolah yang dipimpinya menerima DAK fisik tahun ini berupa kantin sekolah, ruang UKS dan ruang prosus. Kebutuhan ruang prosus masih dibutuhkan 5 ruang lagi, namun baru terpenuhi baru satu.

" Ruang prosus yang kita terima nanti untuk anak autis. Sedangkan prosus ketunaan lainnya, kita belum memiliki dan masih memakai ruangan yang ada," kata kapala sekolah yang akrab disapa Eko, Rabu (19/10) di Pekanbaru

Eko juga menambahkan, SLB Negeri Pembina ini masih membutuhkan  runag kelas baru (RKB). Mengingat, jumlah peserta didik mencapai 287 orang. Selain ruangan, sekolah juga masih kekurangan peralatan praktek. Sebab, di SLB siswa tidak hanya belajar teori saja, tetapi juga praktek dengan peralatan.

Saat ini, SLB Negeri Pembina Pekanbaru mempunyai 15 keterampilan seperti membatik, busana, salon, komputer, kesenian, melukis, hantaran, barang bekas, rumah tangga, pertanian, merangkai bunga, otomotif, rotan dan kria kayu. 

Banyaknya keterampilan ini manjadi pilihan bagi peserta didik. Contohnya saja, hasil produk membatik siswa ini sudah banyak peminatnya salah satunya Ibuk Pj Walikota Pekanbaru yang membeli hasil mambatik siswa. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar