KKN Mahasiswa UMRI di Desa Bukit Sembilan Kampar, Pola Smart House Jadi Daya Tarik Bimbingan Belajar Siswa

  • Kamis, 13 Oktober 2022 - 20:36:29 WIB | Di Baca : 1233 Kali

 

Seriau,- Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) yang saat ini melakukan KKN atau Kuliah Kerja Nyata di Desa Bukit Sembilan Kecamatan Kampar Kabupaten Bangkinang. KKN dengan tema " Smart House" dimana tempat smart house ini adalah salah satu bimbingan belajar untuk siswa dan smart house ini berada di perpustakaan sekolah SDN 018 Bukit Sembilan. 

Amelia Yolanda salah seorang mahasiswa KKN Umri mengatakan smart house ini adalah sebuah perpustakaan yang dulunya tidak teratur, dan inisiatif KKN Umri desa bukit sembilan untuk menempati perpustakaan sebagai sarana pembelajaran di luar jam sekolah siswa.

Salah satu upaya kita dari mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Riau dibidang pendidikan adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan minat baca bagi siswa SD 018 desa bukit sembilan," kata Amelia disatu kesempatan belum lama ini.

Menurutnya, semangat belajar bisa diawali dengan menanamkan sikap yang baik, terhadap siswa. Tentunya program seperti ini akan sangat bermanfaat bagi siswa SD untuk meningkatkan semangat belajar atau motivasi dalam belajar. Karena dengan di adakan smart house atau bimbingan belajar, siswa akan meluangkan sedikit waktu nya untuk datang ke smart house yang sudah mahasiswa KKN Umri sediakan, karena bimbingan belajar ini sangat berguna bagi anak. 

Materi yang diberikan oleh mahasiswa KKN Umri adalah materi materi pelajaran yang bisa meningkatkan motivasi belajar siswa, smart house ini juga tidak hanya belajar di dalam ruangan akan tetapi sesekali mahasiswa KKN umri desa bukit sembilan memberikan edukasi menonton bersama dengan menampilkan film film yang bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.

Smart house, kata mahasiswa Prodi Pendidikan Informatika Umri ini memiliki tujuan terwujudnya anak anak yang  cerdas dan memiliki semangat tinggi untuk selalu belajar. 
Smart house sendiri adalah pendidikan non-formal yang di berikan oleh mahasiswa KKN Umri, Sekolah memang tempat untuk belajar, tapi sekolah bukan satu-satunya tempat untuk belajar.

" Dimana saja, kapan saja bukan masalah yang penting adalah keinginan terus belajar, walaupun bimbingan ini di lakukan di luar jam sekolah harapan dari mahasiswa KKN Umri bagi siswa adalah siswa siswa selalu semangat untuk belajar dan tidak putus sekolah," katanya (rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar