KKN Hebat UMRI Kerjasama dengan Desa Muara Uwai Sukses Gelar Pelatihan Kewirausahaan dan Pembesaran Lele Bioflog

  • Selasa, 04 Oktober 2022 - 19:48:21 WIB | Di Baca : 633 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 70 mahasiswa KKN Hebat Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) 2022 dari kelompok 70 sukses menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan dan Pembesaran Lele Secara Bioflog. Pelatihan yang diadakan di Aula Desa Muara Uwai, Kamis (29/09/2022) bekerja sama dengan Pemerintah Desa Muara Uwai.

Hadir dalam pelatihan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar H. Fahmil, SE,. ME. Dirinya memberikan materi tentang berwirausaha dan memiliki ilmu dalam manajemen usaha. Ilmu itu penting dalam manajemen usaha. Para generasi muda lebih semangat dalam membangun suatu usaha." Dengan miliki alam yang subur, kita dapat bersyukur dan bekerja keras dalam mengambil peluang usaha” ujar Fahmil disela kegiatan.

Peserta dibentuk oleh Kepala Desa Muara Uwai Edi Akmal sebanyak 40 orang dari 4 dusun Desa Muara Uwai yaitu Dusun Muara Uwai, Uwai, Telo dan Cubadak yang disambut antusias oleh warga Desa Muara Uwai. Edi berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan ekonomi desa.

Pembesaran ikan lele dengan teknik bioflog menggunakan Dana Desa dengan peserta 40 orang yang di bagi menjadi 4 kelompok. Tujuan pembagian kelompok ini untuk memudahkan belajar cara pembesaran ikan." Mudah mudahan dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan perekonomian desa dan menjadikan Desa Muara Uwai sebagai desa peternak lele," kata Edi

Acara ini juga dihadiri oleh Dinas Perikanan Kabupatan Kampar Tarmizi, S.Pi, M.Si. Beliau menyampaikan materi tentang pembesaran ikan lele dengan cara bioflog. Bioflog merupakan cara pembesaran ikan yang mengandalkan mikroorganisme dalam kolam sebagai pakan ikan. Hal utama yang diperhatikan adalah dana, lokasi yang mudah dijangkau
kendaraan dan sumber air yang mudah dijangkau.

" Sistem Bioflog bisa gunakan kolam bulat atau petak dengan tanah yang miliki daya resap rendah. Bioflog system yang ramah lingkungan, pakan ikan berupa plankton dari air kolam dan tidak bau yang membuat terganggu oleh masyarakat sekitar,” tutut Tarmizi.

Pemateri terakhir yaitu dari PT. LuhCare Indo yang disampaikan langsung oleh Direktur PT.  LuhCare Indo Muhammad Ulil Albab, S.T. Dirinya langsung mempraktekkan cara merawat bibit lele dan membantu Desa Muara Uwai dalam sektor perikanan dan menjadikan daerah percontohan dalam pembesaran lele Bioflog.

“ 80% hasil perikanan berasal dari Kampar, kami akan membantu Desa Muara Uwai dalam sektor perikanan dan membagikan ilmu dan memberikan bantuan bibit lele yang berkualitas. Desa Muara Uwai kami jadikan sebagai daerah percontohan budidaya lele Bioflog” ujar Ulil.

Sementara Ketua kelompok 70 KKN Hebat UMRI 2022 Desa Muara Uwai Aprian Sumadi mengucapkan terimakasih kepada Kepala Desa Muara Uwai yang telah membantu Program Kerja Utama KKN yang kebetulan merupakan salah satu Program Desa Muara Uwai. Pelatihan ini bisa dipraktekkan oleh warga.

“ Saya ucapkan terimakasih kepada Kades Desa Muara Uwai yang telah membantu kami dalam melancarkan proker utama kami. Diharapkan pelatihan ini ilmunya dapat dipraktekkan oleh warga dan bisa memperbaiki perekonomian keluarga dan desa,” ujar Aprian. (rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar