Capella Honda Gandeng Himpunan Mahasiswa Mesin Adakan Seminar Safety Riding di Kampus UNRI

  • Kamis, 29 September 2022 - 11:30:04 WIB | Di Baca : 780 Kali

 


SeRiau - Pekanbaru - PT Capella Dinamik Nusantara (PT CDN) Main Dealer Honda wilayah Riau menggandeng Fakultas Teknik UNRI menyelenggarakan Seminar Safety Riding di Lobby Gedung C Fakultas Teknik UNRI yang diikuti 100 peserta dari mahasiswa. 

Kegiatan ini terlaksana atas kejasama PT CDN Riau dengan Universitas Riau, Satlantas Polresta Pekanbaru dan Praktisi k3 Industri. Dengan mengusung tema “Bangga menjadi Generasi #Cari_Aman” dan topik pembahasan “Menjadikan #Cari Aman Sebagai Ekspresi Positif Generasi Muda Dalam  Keselamatan Berkendara”, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan awareness mahasiswa akan pentingnya keselamatan baik saat berkendara maupun saat nantinya bekerja di dunia industri.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Riau Prof Dr Eng Azridjal Aziz ST M T IPU mengucapkan terima kasih banyak kepada PT CDN Riau selaku partnership yang telah berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Mesin teknik Unri dalam menyelenggarakan seminar safety riding di kampus Universitas Riau. 

“Kami berharap peserta benar-benar mengikuti kegiatan ini dan setelah acara selesai semua peserta bisa menerapkan safety riding dimanapun saat berkendara karena angka kecelakaan tertinggi paling banyak disebabkan oleh faktor manusia dengan korban paling banyak adalah pengendara di rentang usia produktif," ujar Dekan Fakultas Teknik Universitas Riau Prof Dr Eng Azridjal Aziz ST M T IPU kepada awak media, Kamis (29/9).

Kanit Kamsel Satlantas Polresta Pekanbaru IPTU Kamaludin pada sesi materi menyampaikan Keselamatan Berlalu Lintas bertujuan untuk menurunkan jumlah korban kecelakaan lalu lintas di jalan dan harus dibudayakan sejak dini. 

"Jika kita ingin selamat dalam berlalu lintas tentu harus tertib dan disiplin dalam berlalu lintas yang dimulai dari diri sendiri. Mari jadikan keselamatan berlalu lintas sebagai budaya saat berkendara sebagai tindakan positif Generasi Muda saat berkendara di jalan raya," terangnya.

Selanjutnya Praktisi K3 Industri M Dalil, ST MT IPU pada saat materi keselamatan dan kesehatan kerja (K3) menyampaikan menurut peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2012, pengertian Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Atau K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan  melindungi  keselamatan  dan  kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. 

Berkendara Roda dua di lingkungan area kerja termasuk bentuk kegiatan yang dilakukan pekerja yang wajib mematuhi aturan K3 di lingkungan industri.

"Untuk menurunkan potensi terjadinya kecelakaan pola depan belakang ada beberapa cara yang dapat kita lakukan diantaranya  jaga jarak aman, pandangan luas kedepan, hindari area blindspot kendaraan di depan, pastikan lampu signal berfungsi dengan baik, lihat spion sebelum merubah arah, nyalakan lampu sein sebelum merubah arah dan jangan melakukan pergerakan tiba2 seperti pengereman mendadak atau merubah arah mendadak. Banyak dari kita yang bertanya buat apa berkendara aman, buat apa pakai helm dll. “Esok adalah hadiah untuk berkendara dengan aman hari ini. Dengan berkendara aman kita berpotensi besar merasakan sejuknya udara pagi dan silaunya sinar mentari di pagi hari.” tutur Steven Instruktur Safety Riding PT CDN Riau saat sesi materi. 

Setelah sesi materi, acara dilanjutkan Quiz berhadiah dan sesi tanya jawab dan diikuti peserta dengan sangat antusias. 

Kemudian, Sales Manager PT CDN Riau Jonny Winata mengungkapkan Seminar Safety Riding yang diselenggarakan merupakan wujud kontribusi Honda untuk masyarakat dengan mengajak Generasi Muda untuk menjadikan keselamatan berkendara sebagai budaya berkendara yang Baik. 

"Kami akan konsisten memenuhi kebutuhan masyarakat dengan memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan aman dengan memasarkan sepeda motor yang memiliki fitur keselamatan bagi penggunanya, menghadirkan instruktur safety riding yang berpengalaman dalam menyampaikan materi keselamatan berkendara yang efektif sesuai kebutuhan masyarakat," ujar Jonny.

Untuk Generasi Muda tambah Jonny, mari bersama sama mengekpresikan diri berkendara aman untuk menurunkan angka kacelakaan. Bergabung menjadi generasi ##Cari_Aman dengan Campaign keselamatan berkendara Honda untuk masyarakat Indonesia. (rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar