360 Siswa SMAN 4 Pekanbaru Ikuti Pramuka Kemah Blok di Harau. Ini Bentuk Kegiatannya

  • Rabu, 28 September 2022 - 19:41:24 WIB | Di Baca : 790 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 360 siswa kelas XI SMAN 4 Pekanbaru mengikuti Pramuka Kemah Blok di Bumi Perkemahan Tarantang Sarasah Bunta Payakumbuh Sumatera Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai Jumat Sabtu dan Minggu atau yang disebut Perjusami

Kepala SMA Negeri 4 Pekanbaru, Hj. Yan Khoriana, M.Pd menyampaikan kegiatan ini diadakan secara swadaya oleh peserta didik dan guru. Banyak nilai-nilai kepramukaan yang diterapkan dalam kegiatan ini mulai dari kerjasama, gotong royong, sikap sosial, cinta lingkungan, bekerja keras dan menyayangi sesama makhluk tuhan.

" Saya harapkan kegiatan yang menyatu dengan alam ini bisa memberikan nilai lebih terutama pembentukan karakter bagi warga SMAN 4 Pekanbaru," kata Khori, kemarin melalui pesan WA nya.

Dikatakan Khori, setelah pemasangan tenda dan perlengkapan kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pembina Gudep Sondang Saribumi dan kakak-kakak pembina lainnya.

Kegiatan lainnya yang dilaksanakan secara antusias oleh siswa-siswi SMAN 4 Pekanbaru tersebut adalah outgame, hiking, api unggun, dan lintas alam. Siswa sangat bersemangat mengikuti kegiatan perdana di alam ini setelah pandemi Covid 19 yang mengharuskan mereka belajar secara online. 

Kegiatan kemah Blok ini ditutup dengan penyerahan bantuan berupa sembako kepada penduduk sekitar lokasi bumi perkemahan Nagari Tarantang Sarasah Bunta. Dalam bakti sosial ini kepala sekolah beserta kakak-kakak pembina dan peserta didik menyerahkan bantuan secara langsung kepada warga.

" Alhamdulillah, warga tempatan sangat terkesan dengan bakti sosial ini dan berharap kegiatan serupa bisa dilaksanakan secara rutin," kata Khori.

Ditambahkan Khori, pramuka ditetapkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib. Hal ini mengandung makna bahwa pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang secara sistemik diperankan sebagai wahana penguatan psikologis-sosial-kultural (reinfocement) perwujudan sikap dan keterampilan kurikulum 2013 yang secara psikopedagogis koheren dengan pengembangan sikap dan kecakapan dalam pendidikan kepramukaan.

" Saat ini, siswa kelas XI dan XII masih mengunakan K 13 salah satunya ada kegiatan Pramuka Kemah Blok," kata Khori (rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar