Terpilih Aklamasi, Dedi Wahyudi Jabat Ketua APDESI Rohil

  • Senin, 26 September 2022 - 14:29:57 WIB | Di Baca : 1125 Kali

 

SeRiau -  Sekda Rohil Fery H Parya menghadiri dan buka secara langsung Musyawarah Cabang lll Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang berlangsung di lantai empat kantor BPKAD, Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Senin (26/9/2022).

Muscab Apdesi yang bertemakan "Bersama Apdesi, kita lebih kuat" tersebut juga dihadiri Ketua Apdesia Riau, Abdulrahman Chan bersama pengurus, Ketua Apdesi Pelalawan Herman, mantan ketua Apdesi Riau Sutejo dan para penghulu yang mendapatkan SK.

Ketua Apdesi Riau dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada DPC Apdesi Rohil yang melaksanakan Muscab ke lll pemilihan ketua dan kepengurusan yang baru.

"Disamping menyusun kepengurusan yang baru, disini nantinya juga akan menyusun program-program kerja bagaimana nantinya Apdesi Kabuapaten Rohil ini bisa betul-betul diterima oleh masyarakat dan program-programnya menyentuh untuk kemakmuran desa dan kemajuan desa," katanya. 

Apdesi sebutnya, tidak akan dapat berdiri sendiri dan harus saling bersinergi dengan pemerintah daerah dan dinas terkait. Meski Penghulu dipilih secara langsung oleh masyarakat dan merupakan raja-raja kecil, namun harus tetap bekerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dan mendukung seluruh kebijakan kepala daerah dalam mensejahterakan masyarakatnya. 

"Hari ini adalah hari penentu bagaimana organisasi ini 5 tahun yang akan datang, bahwa sesuai ADRT keputusan musyawarah cabang tersebut adalah keputusan tertinggi," jelasnya. 

Abdulrahman juga berpesan agar dalam pemilihan ketua dan kepengurusan Apdesi dilakukan secara musyawarah dan dapat menghidupkan organisasi untuk memajukan daerah.

"Saya berharap jangan organisasi ini dipergunakan sekali lima tahun atau untuk 2024 saja, kita pergunakan roda organisasi kita ini bagaimana desa kita bisa maju di daerah kita masing-masing," terangnya. 

Sementara itu, Sekda Rohil Fery H Parya dalam sambutannya menyampaikan selamat melaksanakan Muscab III Apdesi Rohil dan menyampaikan ucapan selamat datang kepada ketua DPD Apdesi Riau.

Apdesi kata Sekda, tentunya dalam sebuah wadah forum, jadi wadah dan tempat kepala desa yang ingin menyatukan persepsi, berbagi informasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan pemerintahan dalam pembangunan sosial ekonomi kemasyarakatan di tempatnya masing-masing.

"Barangkali jika ada perbedaan nantinya melalui forum ini bisa disamakan persepsi dan bisa saling bertukar pengalaman bertukar informasi sehingga akhirnya yang diharapkan dari wadah ini bisa kita wujudkan, " sebutnya. 

Apdesi sendiri tambah Sekda, tentunya memiliki visi dan misi melalui ADRT bagaimana mewujudkan pemerintahan desa yang kuat, mewujudkan pembangunan masyarakat yang baik, meningkatkan pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Semoga kepengurusan yang baru nantinya dapat bekerjasama dalam mewujudkan visi dan misi Bupati Rohil menuju Rohil yang maju, religius, berbudaya berdasarkan infrastruktur serta perekonomian yang handal dan maju," pungkasnya.

Usai dibukanya Musyawarah Cabang lll Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) oleh Sekretaris Daerah, dilakukan pemilihan ketua Apdesi rohil yang baru.

Pemilihan berlangsung secara aklamasi yang menghantar Dedi Wahyudi sebagai Ketua Apdesi rohil yang baru.

"alhmdullah saya terpilih secara aklamasi, mgkin disini saya selaku ketua terpilih akan menata organisasi ini lebih baik, mugkin selama ini struktur pengurusan masih ada yang belum jelas, akan kita tata sedemikian baik, katanya".


Datuk Penghulu Sei Kapas Kecamatan Rantau Kopar itu juga menginginkan Apdesi yang dipimoinnya memikiki kantor di ibukota kabupaten," dan disini yang paling utama adalah bagaimana kami bisa berkantor di bagansiapiapi, ini akan kami upaya bersama pengurus lainnya serta tetap berkoordinasi bersama pemerintah daerah supaya dapat kantor di rohil hagansiapiapi ini,harapnya".

setelah terpilih sebagai ketua Apdesi rohil, kedepannya akan di rencanakan jadwal pelantikan pengurus yang baru,"dalam waktu dekat kita akan jadwal pelaksanaan pelantikan, hal ini penting karne kita baru di akui, setelah itu baru kita p4ogramkan pembentulan apdesi di tingkat kecamatan,"sebutnya.

Dedi Wahyudi juga menyinggung terkait bantuan hukum kepada kepala desa yang terjerat hukum, bieang hukum akan dimasukkab di bawah kepengurusannya.

"terkait bantuan hukum, kami akan berupaya memasukkan bantuan hukum didalam jajaran pengurusan apdesi karna memang betul selaku penyelenggara negara bisa saja terjerat hukum, selagi tidak fatal kita bisa beri bantuan hukum melalui bidang hukum kepengurusan apdesi kita,"tutupnya.(ad)





Berita Terkait

Tulis Komentar