Disdik Riau Beri Pelatihan Guru Inti Ekonomi dan Geografi, Pahmijan: Guru Ujung Tombak Mutu Pendidikan

  • Selasa, 20 September 2022 - 20:06:51 WIB | Di Baca : 1067 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 48 guru inti mata pelajaran Ekonomi dan Geografi mengikuti Training of Trainer (ToT) dilaksanakan Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Senin (19/9).

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru ini dibulan oleh Plt Kadisdik Riau diwakili Kabid SMA Disdik Riau Pahmijan. MPd

Dalam sambutanya, Pahmijan mengatakan guru inti mata pelajaran ini merupakan guru sebagai tempat bertanya guru lain mata pelajaran yang sama. Selain itu, guru inti mampu memberikan perubahan peningkatan kualitas pendidikan. Oleh sebab itu, ToT sangat penting dilakukan.

" Upgrade ilmu terbaru di ToT ini harus dikembangkan di MGMP di daerahnya masing masing. Sebab, bagaimanapun guru merupakan ujung tombang dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah," kata Pahmijan saat membuka ToT Guru Mata Pelajaran Ekonomi dan Geografi, Senin (19/9) di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru.

Dikatakan Pahmijan, peningkatan kualitas pendidikan selain melengkapi sarana dan prasarana sekolah, perlu juga dilakukan pengembangan mutu tenaga pendidik salah satunya dilakukan dengan ToT, Bimtek dan Diklat. 

Guru sebagai garda terdepan  peningkatan kualitas di sekokah perlu ditingkat kompetensinya." Kalau kualitas guru kita baik, maka siswa yang dihasilkan sekolah tersebut juga baik. Oleh karena itu, guru guru di Riau harus kita tingkatkan kualitas kompetensinya baik guru inti dan guru yang tergabung dalam MGMP," kata Pahmijan.

Selain itu, peningkatan kualitas siswa juga menjadi perhatian dari pemerintah. Peningkatan kualitas siswa bisa diuji melalui berbagai perlombaan baik itu OSN, FLS2N dan O2SN. Terakhir peningatan kualitas pendidikan bisa dilakukan dengan DUDI." Jadi 4 komponen ini sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan," kata Ketua Satgas Pantas Riau ini

Sementara itu ketua panitia kegiatan Nirmala, mengatakan jumlah peserta ToT guru inti ekonomi dan geografi sebanyak 48 orang terdiri dari 24 guru inti ekonomi dan 24 guru inti geografi dari kabupaten kota di Riau. Pelatihan ini diharapakan bisa meningkatkan kompetensi guru inti disetiap daerah. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar