SMKN 1 Mempura Jadi Pusat Keunggulan, Kepsek: Jurusan DPIB Jadi Rujukan Sekolah Lain

  • Sabtu, 03 September 2022 - 07:44:50 WIB | Di Baca : 1509 Kali

 

Seriau.- Setelah ditetap sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) 22 April.2022 lalu, jurussan Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) SMKN 1 Mempura Siak dijadikan rujukan SMK lain dengan jurusan yang sama. Bahkan, jurusan DPIB yang menjadi jurusan PK, hanya ada 7 SMK di Indonesia termasuk SMKN 1 Mempura Siak Provinsi Riau

" Ya, kita bersyukur jurusan yang menjadi pusat keunggulan adalah DPID atau yang dikenal dengan jurusan Autocad. Sekolah PK jurusan DPIB hanya baru ada 7 di Indonesia," kata Kepala SMKN 1 Mempura Siak, Hardiyanto, Jumat (2/9) di Kantor Disdik Riau.

Sebagai SMK PK, kata Hardiyanto, pemerintah menguncurkan dana untuk melaksanakan program sekolah PK. Program tersebut bisa dalam bentuk pelatihan maupun pembelian peralatan jurusan PK. Jumlah dana bantuan SMK PK yang diterima SMKN 1 Mempura sebesar Rp 1.22 miliar. Dana ini, digunakan untuk peningkatan kualitas guru dengan berbagai program pelatihan salah satunya dengan mengadakan pelatihan bagi guru dalam bentuk In House Training (IHT). 

Selain itu, kata Hardiyanto, sekolah juga sudah melaksanakan sosialisasi BLUD,  mensosialisasikan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Ada juga program magang tiga orang guru ke PT Ghara Kreasi Pekanbaru selama 1 bulan. Penyusunan kurikulum bersama DUDI dan banyak lagi yang sudah dilaksanakan oleh sekolah PK." Jadi banyak manfaat yang kita rasakan dari program SMK PK ini," ujar Hardiyanto.

Ditambahkan Hardiyanto, sebagai penunjang jurusan PK, sekolah juga membeli peralatan jurusan DPIB seperti laser printer cutter sebesar Rp 210 juta dan alat ini sudah digunakan oleh sekolah. Selain itu juga ada pembelian laptop PC namun peralatan belum datang.

" Kita berharap SMK PK menjadi rujukan sekolah lain dan pusat peningkatan kualitas SMK lainnya. Tahun ini, SMKN 1 Mempura satu satunya sekolah di Siak yang ditetapkan sebagai sekolah PK oleh Kemendikbud Ristek RI," katanya (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar