Riska Melly Agustin Siswa SMA Pintar Raih Peringkat Pertama Astra Honda Motor Best Student 2022 Regional Riau

  • Selasa, 16 Agustus 2022 - 11:35:33 WIB | Di Baca : 548 Kali

 


SeRiau - PEKANBARU – PT Astra Honda Motor (AHM) bersama dengan PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Main Dealer Honda wilayah Riau menantang generasi muda kreatif dan inovatif dalam membangun bangsa melalui gagasan dan inovasi melalui seleksi Astra Honda Motor Best Students (AHM Best Student) 2022 dengan tema “Berkreasi Menebar Inspirasi”. 

Program yang telah hadir sejak 2 dekade berhasil melahirkan sumber daya manuasia yang unggul dan membanggakan serta ratusan karya terbaik lahir dari pemikiran putra-putri bangsa untuk berkontribusi dalam pengembangan berbagai bidang seperti lingkungan, kesehatan, ekonomi dan pendidikan.

Pada penyelenggaraannya ke-20, AHM Best Student tahun ini semakin menantang dan menguji kreativitas pelajar dalam membentuk ide proposal ataupun inovasi. Dalam ketegori ide proposal para peserta ditantang kreatif dan kritis terhadap isu sosial sekitar maupun kontribusi terhadap masyarakat. Sedangkan kategori inovasi, para peserta ditantang untuk membuat produk atau temuan baru yang memiliki manfaat sosial ataupun berkontribusi terhadap masyarakat.

Honda Customer Care Manager PT CDN Riau Toni Hadi Wibowo mengatakan, program pencarian siswa berpreastasi dalam ide maupun inovasi yang telah diselenggarakan sejak 20 tahun lalu ini, menjadi bagian dari upaya perusahaan untuk Sinergi Bagi Negeri dalam mengembangkan potensi manusia unggul sejak dini melalui kontestasi yang inspiratif dan apresiasi yang membanggakan. 

"Kita juga sangat mengapresiasi antusiasme siswa siswi dari berbagai sekolah di Riau dala mengikuti ajang bergengsi AHM Best Student 2022 Regional Riau. Siswa siswi yang berjuang melewati proses seleksi akan mendapatkan beragam pengalaman dan tentunya ilmu yang bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk pelaksanaan AHM Best Student 2022 Nasional nantinya," uhar Honda Customer Care Manager PT CDN Riau Toni Hadi Wibowo kepada awak media, Selasa (16/8).

Toni juga berharapa agar siswa siswi yang berhasil menuju nasional nanti bisa membawa nama Riau dan mengharumkan nama sekolah atas raihan prestasinya. 

Setelah melalui proses seleksi yang ketat dari beberapa sekolah yang mengirimkan karya tulis ilmiah tersaring 8 karya tulis siswa dari beberapa sekolah diantaranya MAN 1 Kepulauan Meranti, SMAN 1 Ujung Batu, SMA Pintar, SMK Hasanah dan SMKN 3 Mandau. Dari 8 karya tulis yang terpilh mengikuti seleksi AHM Best Student Regional Riau kemudian karya tulis di nilai melalui proses presentasi siswa dengan 3 juri yang melakukan penjurian, ketiga juri tersebut diantaranya Rubby Rahman Tsani, S.pd, M.M. Dosen Prodi Logistik Kelautan, Universitas Pendidikan Indonesia, Ma’ruf, S.T., M.Sc. Dosen Prodi Logistik Kelautan, Universitas Pendidikan Indonesia dan juga dan Toni Hadi Wibowo Honda Customer Care Manager PT CDN Riau.

Usai penjurian dan penilaian, PT CDN Riau mengumumkan pemenang AHM Best Student 2022 Regional Riau yakni peringkat pertama di raih oleh Riska Melly Agustin dari SMA Pintar dengan karya tulis berjudul “Sawit (Save World with Kelapa Sawit) Aplikasi Fasilitator Pemerintah Riau Sebagai Upaya Penertiban Kebun Sawit Dan E- Commerce Bagi Pertanian”. Peringkat kedua diraih oleh Zul Rojak siswa SMAN 3 Mandau dengan judul karya tulis “SIMPONIK (Kreasi Limbah Plastik Botol Oli Menjadi Furniture Unik). Peringkat ketiga yaitu Nurhaizi Izati dari MAN 1 Kepulauan Meranti dengan judul karya tulis “PASB Water untuk Menghadapi Perubahan Iklim di Daerah Pesisir”. Selain itu, peringkat harapan pertama di raih oleh Arifin Harefa Siswa SMA Pintar dengan judul karya tulis “Green Roof Filtration System, Solusi Kelangkaan Sumber Air Bersih”.

PIC AHM Best Student 2022 Regional Riau L Nanda Putra, SPd MM  mengatakan tema yang diangkat sangat relevan dengan kondisi ekonomi, sosial, lingkungan dan budaya pada masyarakat di Riau dan kreativitas para peserta patut di apresiasi dilihat dari banyak ide-ide segar yang dituangkan dalam karya tulis mereka. 

“Harapannya ide-ide siswa dan siswi  tersebut bisa diwadahi oleh pihak terkait untuk kemajuan kita bersama," ujarnya.

Seluruh pemenang menjadi juara setelah berhasil menjadi yang terbaik dari 8 peserta yang lolos ke AHM Best Student 2022 Regional Riau. Seluruh peserta merupakan siswa/siswa dari 6 sekolah di provinsi Riau. Berbeda dari tahun sebelumnya, pada gelaran tahun ini para peserta untuk kategori inovasi juga ditantang kreatif membuat video tutorial/review produk yang dihasilkan dengan cara yang semenarik mungkin.

Dengan terpilihnya siswa siswi dengan karya tulis ilmiah terbaik, maka PT CDN Riau mengirimkan 2 pemenang dengan kategori Ide yaitu Riska Riska Melly Agustin dan Arifin Harefa dari SMA Pintar. Kemudian 2 pemenang lainnya dengan kategori invensi yaitu Zul Rojak siswa SMAN 3 Mandau dan Nurhaizi Izati dari MAN 1 Kepulauan Meranti untuk mengikuti AHM Best Student 2022 tingkat nasional.

Riska Melly Agustin juara pertama AHM Best Student 2022 Regional Riau mengatakan sangat senang sekali bisa mengikuti kegiatan perlombaan karya tulis ilmiah pada AHM Best Student 2022 Regional Riau, berhasil mendapatkan peringkat satu dan bisa melanjutkan perjuangannya ke nasional. Pencapaian ini tentunya tidak terlepas dari dukungan orangtua, sekolah, guru pembimbing dan Main Dealer Honda di Riau sehingga karya tulisnya bisa diterima, mendapat peringkat terbaik dan maju ke tingkat nasional. “Saya berharap dan berdoa semoga di tingkat nasional nanti bisa memberikan yang terbaik dan mengahrumkan nama sekolah dan Provinsi Riau, mohon doa dan dukungan dari teman-teman semuanya agar saya bisa memberikan yang terbaik, aamiin”, tutupnya.

Para pemenang seleksi ini akan berjuang dalam tahap seleksi nasional menghadapi ratusan pelajar lainnya dari seluruh Indonesia yang dilaksanakan dalam seleksi nasional yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2022. Seluruh rangkaian kegiatan AHM Best Student 2022, mulai dari sosialisasi, seleksi, kegiatan pengayaan ilmu, hingga penganugerahan pemenang dilakukan secara daring.(rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar