UAS Ajak Warga Riau Berwakaf Bangun Gedung Tajdid Center UMRI

  • Jumat, 12 Agustus 2022 - 19:22:46 WIB | Di Baca : 757 Kali

 

Seriau,- Tabligh Akbar di Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Jumat (12/8) pagi diisi ceramah langsung oleh Ustad Abdul Somad. Ustad kondang yang dipanggil UAS ini mengajak seluruh civitas akademika UMRI dan masyarakat Riau untuk berwakaf membangun Gedung Tajdid Center UMRI.

Dihadapan rektor, mahasiswa dan tamu yang hadir dalam tabligh akbar, UAS mengajak semua pihak yang hadir mau terlibat membantu dana pembangunan gedung Tajdid Center UMRI. Bersedekah dan wakaf dalam hudup merupakan salah satu amalan penting manusia. Apalagi dengan wakaf dan sedekah itulah, seseorang itu dapat menolong dirinya sendiri

Gedung Tajdid Center yang dibangun lewat pola wakaf sangat penting. Tujuannya, agar saat berdiri dan digunakan nanti, maka penggunanya pun ikut mendapat berkah. Sebaliknya, jika gedung dibangun dari dana riba, maka banyak dampak negatif yang didapatkan oleh mahasiswa yang bakal menggunakannya. Karena riba jelas perbuatan haram dalam ajaran Islam.

" Sayapun mengingatkan agar kaum muslimin menjauhi riba, karena Allah SWT mengharamkan riba tersebut dan pasti menempatkan pelaku-pelaku riba ke neraka. Berwakaflah, bersedekahlah  salah satu amalan yang pasti engkau bawa saat mati nanti. Bukan hartamu, bukan jabatanmu, bukan rumah mewah dan uangmu," kata UAS.

Sementara itu, Rektor UMRI, Dr Saidul Amin mengatakan tabligh akbar yang digelar UMRI untuk menghimpun semua lapisan masyarakat, karena bagaimana pun juga UMRI adalah wakaf dari persyarikatan Muhammadiyah untuk umat dan bangsa. Hal itu menurutnya harus kita dilantunkan bersama-sama, sehingga UMRI bisa dimiliki oleh seluruh umat Islam, khususnya masyarakat Riau. 

Pembangunan gedung Tajdid Center, Rektor mengatakan bahwa dana pembangunan gedung baru tersebut mencapai Rp 15 miliar. Namun jika dilakukan swakelola bisa lebih murah 30 persen.  Hingga saat ini dana yang baru terkumpul Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar." Target kita tahun ini sudah harus selesai (pembangunan), sehingga tahun depan mahasiswa baru sudah bisa belajar di gedung Tajdid Center tersebut," kata Saidul Amin.

Tabligh Akbar tersebut juga dihadiri tokoh Riau diantaranya Anggota DPR RI asal Riau, DR Achmad dengan berwakaf Rp 75 juta dan Syamsurizal berwakaf Rp 50 juta. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar