Tahun ke- 2, SMKN 3 Pekanbaru Terapkan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbagi

  • Rabu, 10 Agustus 2022 - 17:11:21 WIB | Di Baca : 988 Kali

 

Seriau,- Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) bagi sekolah terus digaungkan oleh Kemendikbud Ristek.RI. Salah satu sekolah di Riau yang sudah menerapkan IKM yakni SMKN 3 Pekanbaru.

Sekolah yang berada di Jakan Dr Sutomo Pekanbaru ini sudah tahun kedua melaksanakan IKM bagi siswanya.

" 2021 lalu, tahun pertama kami melaksanakan kurikulum merdeka dan tahun 2022 ini menjadi tahun kedua penerapan IKM kategori merdeka berbagi," kata Kepala SMKN 3 Pekanbaru Hj. Rita Johan.MM, Rabu (10/8) di Pekanbaru.

Penerapan IKM tahun kedua ini, kata Rita, diperuntukan bagi siswa kelas X dan XI sedangkan siswa kelas XII masih Kurikulum 13. Penerapan IKM Berbagi di SMKN 3 Pekanbaru diartikan dimana sekolah bisa berbagi dengan sekolah lain apakah itu dengan jurusan yang sama maupun berbeda, tetapi sekolah tetap memberikan apa yang sudah dilaksanakan oleh sekolah.

Selama penerapan IKM disekolah, hampir tidak ada kendala. Khusus bagi siswa kelas X yang baru pertama melaksanakan IKM
sedangkan siswa kelas XI sudah tahun kedua." IKM bagi SMK ini,  sekolah lebih mengetahui bakat minat siswa dikelas X. Kita tahu feshion siswa, bakat dan minat siswa tahu lebih awal," terang Rita.

Mengenai kesiapan guru dalam pelaksanaan IKM, kata Rita, seluruh guru sudah siap dengan berbagai keilmuan terbaru yang mereka pelajari. Upaya peningkatan kompetensi guru terus dilakukan baik untuk guru produktif, adaptif dan normatif melalui In House Training ( IHT) dan pelatihan lainnya. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar