Plt Kadisdik Riau beri Semangat 685 Peserta Pembinaan OSN-P, Target Kita Juara 3 Nasional

  • Selasa, 09 Agustus 2022 - 13:57:34 WIB | Di Baca : 987 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 685 siswa SMA dan MA dari 12 kabupaten kota di Riau mengikuti Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Provinsi Riau, Senin (8/8). Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru ini, dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Job Kurniawan.

Dihadapan peserta pembinaan OSN, Plt Kadisdik Riau Job Kurniawan langsung memberikan semangat kepada peserta pembinaan OSN - P agar serius dan giat mengikuti pembinaan OSN P. Sebab, adik adik yang merupakan perwakilan dari kabupaten/ kota merupakan siswa terbaik dari masing masing sekolah. " Adik adik bisa tunjukan bahwa saya bisa jadi yang terbaik. Buktikan saya bisa wakili Riau ke tingkat nasional. Mana tahu dari 685 peserta ini, ada 10 atau 20 orang bisa meraih medali emas bagi Riau," kata Job Kurniawan, Senin (8/8) di Pekanbaru.

Job mengatakan, Disdik punya beban yang cukup berat. Dimana, OSN Nasional tahun lalu, Riau berhasil meraih rangking 4 nasional dan rangking satu di Sumatera. Prestasi ini harus dipertahankan kalau perlu ditingkatkan menjadi juata 3 nasional." Target saya, kita harus bisa masuk 3 besar nasional. Minimal kita pertahankan rangking 4 nasional," kata Job Kurniawan dengan optimis.

Sementara Kabid SMA Disdik Riau Aristo.MPd, mengatakan jumlah peserta yang diberi pembinaan berjumlah 685 siswa SMA dan MA dari 12 kabupaten kota. Dari jumlah tersebut, Pekanbaru mengirimkan jumlah siswa paling banyak berjumlah 113 orang.

Disusul Bengkalis 72 peserta, Siak 70 peserta, Kuansing 62 peserta, Kampar 54 peserta, Pelalawan 53 peserta, Dumai 52 peserta, Inhil 49 peserta, Rohul 43 peserta, Rohil 38 peserta, Inhu 31 peserta dan terakhir Meranti 28 peserta.

Sedangkan tenaga Instruktur pembinaan dilakukan oleh Pusat Olimpiade Sains Indonesia (POSI) Sumatera Utara. Pembinaan selama 4 hari mulai tanggal 8 hingga 11 Agustus." Kami berharap dari pembinaan ini banyak siswa kita yang bisa lolos passing grade OSN tingkat nasional. Pembinaan ini juga salah satu upaya dari Disdik Riau agar peserta OSN dari Riau semakin banyak," kata Aristo.

Peserta pembinaan tahun ini, kata Aristo, tidak hanya peserta yang sekolahnya berada di ibukota kabupaten, tetapi sudah menyebar pada sekolah yang berada di luar ibukota kabupaten. Kondisi ini, menandakan kualitas pemerataan mutu pendidikan di sekolah sudah merata tidak hanya di kota tapi juga di luar ibukota kabupaten.

" Kalau dilihat dari grafik tahun ini, jumlah peserta yang ikut pembinaan atau lolos passing grade jauh meningkat dengan tahun lalu. Mudah mudahan target 3 nasional bisa tercapai," harap Aristo. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar