10 bulan Di Amerika, M Fauzan Siswa SMAN Plus Provinsi Riau Kenalkan Budaya Indonesia di Negara Paman Sam

  • Kamis, 04 Agustus 2022 - 16:05:16 WIB | Di Baca : 1490 Kali

 

Seriau,- Muhammad Fauzan siswa SMAN Plus Provinsi Riau menjadi salah satu peserta program Pertukaran Pelajar Indonesia- Amerika. Program yang dikenal dengan nama Kennedy Youth Exchange and Study Programs mengantarkan Fauzan menuntul ilmu selama 10 bulan di Amerika

Fauzan yang berangkat ke Amerika  tanggal 20 September 2021 dan kembali ke Indonesia 10 Juni 2022. Di Amerika, Fauzan menuntut ilmu di Bowsher High School di Ohio. Dinegara bagian Amerika ini Fauzan  tinggal bersama orangtua angkat selama 10 bulan. Aktifitas sehari hari Fauzan bersosialisasi dengan warga sekitar tempat tinggalnya dan belajar disekolah. Selama bersekolah 10 bulan, Fauzan menjadi duta Indonesia untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan sejarah indonesia.

Loading...

Tidak hanya itu, Fauzan yang saat ini duduk dikelas XII IPS 1 ini juga memperkenalkan budaya Riau baik songket, kuliner, dan budaya Riau lainnya." Yang paling berkesan ketika saya mempresentasikan dihadapan siswa sekolah dasar dan memberikan cuplikan sejarah indonesia mulai dari bagiamana bendera merah putih terbentuk, luas wilayah indonesia dari Aceh sampai Papau dan berbagai identitas unik yang dimiliki Indonesia dari setiap daerah seperti batik, songket dan tarian," kata Fauzan, Rabu (3/8) di SMAN Plus Provinsi Riau

Momen yang paling berharga lagi, kata Fauzan, ketika dirinya mengibarkan bendera Indonesia di depan kelas sambil mengunakan pakaian melayu Riau (sonket). Momen ini menjadi suatu kebanggaan bagi Fauzan karena bisa mengibarkan bendera merah putih di setiap kelas. 

Sistem pembelajaran di Bowsher High School dimulai dari jam 8 pagi hingga 2.45 siang."  Alhamdulillah selama mengikuti pembelajaran 10 bulan, saya juga berhasil mendapatkan lulusan terbaik dan ini bentuk penghargaan dari sekolah," kata Fauzan yang bercita cita jadi dosen.

Sementara Kepala SMAN Plus Provinsi Riau diwakili Waka Humas Okta mengatakan, sekolah sangat bangga dengan terpilihnya Muhammad Fauzan sebagai salah satu peserta mewakili Indonesia di program pertukaran Pelajar Indonesia- Amerika. Program ini menjadi incaran bagi pelajar di seluruh Indonesia." Kami dari sekolah bangga dengan prestasi Fauzan menjadi salah satu peserta dari Indonesia di Kennedy Youth Exchange and Study Programs," kata Okta.

Dengan keikutsertaan Fauzan di program pertukaran pelajar selama 1 tahun, maka sekolah memberikan alfa studi bagi Fauzan. Sebab, Fauzan belajar selama satu satu di Bowsher High School Ohio Amerika." Ya, Terpaksa Fauzan mengulang satu tahun lagi di SMAN Plus karena alfa studi selama satu tahun," kata Okta. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar