595 Guru di Riau Ikuti Seleksi Calon Guru Penggerak Angkatan 7

  • Selasa, 02 Agustus 2022 - 15:57:26 WIB | Di Baca : 1193 Kali

 

Seriau,- Sebanyak 595 guru di Riau mengikuti program seleksi calon guru penggerak angkatan 7. Seleksi guru calon guru penggerak ini sudah memasuki tahap ke 2.

" Berdasarkan data, ada 595 guru di 10 kabupaten/ kota yang ikut seleksi calon guru penggerak angkatan 7. Jumlah ini jauh meningkat jika dibandingkan jumlah peserta guru penggerak angkatan 6," kata Kepala Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Riau Reisky Bestary MPd, Selasa (2/8) di Pekanbaru

Loading...

Dalam seleksi calon guru penggerak ini, kata Riesky, ada mekanisme yang harus dilalui oleh guru mulai dari seleksi admininistrasi, mengisi ESAI praktik mengajar dan seleksi wawancara. Setelah semua seleksi dilalui, guru juga diharuskan untuk mengikuti program pembelajaran selama 6 bulan terdiri dari pembelajaran daring bersama fasilitator dan instruktur selama 5 bulan. 

Selain itu juga ada pembelajaran luring bersama pengajar praktik baik yang dilakukan pendamping individu maupun  lokakarya." Jadi banyak alur yang harus dilalui oleh guru untuk menjadi seorang guru penggerak dan ini tidak mudah," kata Riesky.

Tingginya animo guru mengikuti program seleksi calon guru penggerak, kata Riesky, terlihat dari banyak pendaftar yang tersebar di 10 kabupaten/kota. Jika peserta calon guru penggerak angkatan 6, hanya tersebar di tiga kabupaten kota, namun angkatan ke 7 ini diikuti guru guru di 10 kabupaten/ kota di Riau.

Adanya Permendikbud Ristek No 40 tahun 2021 tentang  Penugassn Guru Sebagai Seorang Kepala Sekolah dengan tegas mengatakan, ada syarat yang mengharuskan kepala sekolah mempunyai sertifikat guru penggerak dibenarkan oleh Kepala BGP Riau ini. Menurutnya, ini bertujuan agar kepala sekolah yang diangkat oleh pemerintah daerah itu berasal dari guru guru yang sudah mengikuti program guru penggerak. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar