Prodi Magister Agribisnis UIR Raih Akreditasi A dari BAN-PT

  • Sabtu, 30 Juli 2022 - 22:07:22 WIB | Di Baca : 1292 Kali

 

Seriau,- Kabar membanggakan datang dari program Pascasarjana Universitas Islam Riau (UIR), dua Prodi program Pascasarjana berhasil raih akreditasi yaitu A untuk Prodi Magister Manajemen Agribisnis (MMA) dan akreditasi Baik pada Prodi Doktor Ilmu Hukum dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dua keputusan tersebut mengacu berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 4969/SK/BAN-PT/Ak-PEPS/M/VII/2022 tertanggaL 26 Juli, sementara Prodi Doktor Ilmu Hukum Universitas Islam Riau dinyatakan memenuhi syarat memenuhi peringkat akreditasi Baik melalui surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 4595/SK/BAN-PT/Ak/D/VII/2022 tertanggal 19 Juli 2022 lalu. Adanya surat keputusan yang terbit tersebut juga mencabut surat keputusan nomor sebelumnya.

Loading...

Dr Ir Marliati MSi mengatakan dengan pencapaian prodi MMA yang telah berhasil meraih akreditasi A tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa.

“Dengan keluarnya SK akreditasi A dari BAN-PT untuk prodi A merupakan suatu pencapaian bagi kita saat ini, ini membuat kita bisa lebih percaya diri untuk menerima mahasiswa periode tahun ajaran selanjutnya,” ujar Marliati.

Senada dengan yang disampaikan oleh Ka Prodi Magister Manajemen Agribisnis, Kepala Prodi Doktor Ilmu Hukum Prof Dr Hj Ellydar Chaidir SH MHum, mengatakan, capaian akreditasi Baik tersebut merupakan suatu raihan yang patut di apresiasi.

“Capaian yang diraih saat ini merupakan awalan yang bagus untuk prodi dan patut diapresiasi,” ungkap Ellydar.

Prodi Doktor Ilmu Hukum merupakan satu-satunya prodi doktor dalam keilmuan hukum yang ada di Sumatera dengan berfokus pada pengembangan keilmuan hukum dan menciptakan akademisi serta praktisi berpendidikan doktor ilmu hukum yang nantinya akan menjadi pionir dalam pengembangan ilmu hukum di Indonesia.

Sementara untuk prodi Magister Manajemen Agribisnis yang sudah berdiri sejak 2007 sudah menghasilkan ratusan alumni serta semua dosen dan pengajar telah menempuh pendidikan strata tiga (S3). Banyak pula dosen yang telah menjabat sebagai lektor kepala.

Untuk memenuhi kriteria penilaian pada akreditasi prodi pada perguruan tinggi ada beberapa poin penilaian yang penting serta perlu dilengkapi oleh perguruan tinggi. Beberapa hal yang diperhatikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) seperti kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Visi Misi Tujuan dan Strategi, Mahasiswa dan Lulusan, Kurikulum pembelajaran, pembiayaan sarana dan prasarana, serta tata pamong, kelola dan penjaminan mutu yang berkesinambungan. (zal/rls)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar