Fakultas Psikologi UIR Terima Hibah Litbang Kurikulum dari Kemendikbudristek

  • Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:48:18 WIB | Di Baca : 809 Kali

 

Seriau,- Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau (UIR) berhasil menerima hibah penelitian pengembangan (Litbang) kurikulum dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI melalui Dirjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi.

Usulan pengembangan kurikulum yang diajukan Program Studi Psikologi UIR tersebut diterima bersama dengan 85 universitas lainnya di Indonesia. Ini setelah Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi membuka kesempatan kepada Perguruan Tinggi program Sarjana di jenis pendidikan akademik, untuk mengajukan proposal Program Bantuan Akselerasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif Bekerja Sama dengan Mitra Menuju Center of Excellence.

Loading...

Setelah mengumpulkan berbagai dokumen dan syarat pendukung serta melalui sekian tahapan penilaian maka Prodi Psikologi UIR akhirnya mendapatkan kabar atas diterimanya usulan proposal hibah penelitian kurikulum yang terbit melalui Surat Nomor 2087/E2/DM.00.01/2022 oleh Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi pada tanggal 10 Mei 2022 lalu dengan Judul Penelitian “Pengembangan Kurikulum MBKM Program Studi Ilmu Psikologi yang Inovatif, Adaptif, dan Kolaboratif”.

Kepala Prodi Ilmu Psikologi Fakultas Psikologi UIR yang juga Ketua pelaksana penelitian, Juliarni Siregar MPsi Psikolog, mengatakan, usulan penelitian ini ia dan tim susun untuk merespon perubahan pendidikan dan pengajaran yang semakin hari semakin dinamis.

“Kami dan tim mengusulkan usulan penelitian ini awalnya menindaklanjuti kabar dari Tim MBKM UIR yang mengabarkan kepada kami bahwa dari Kemendikbudristek ada menerbitkan program bantuan pengembangan kurikulum, setelah melengkapi berbagai syarat dan dokumen maka alhamdulillah usulan proposal kami beserta tim dikabulkan,” ujar Juliarni, Jumat (24/6/2022).

Lebih lanjut Juliarni mengatakan, penelitian pengembangan kurikulum oleh Kemendikbudristek RI tersebut bertujuan merespon perubahan dan perkembangan yang sangat cepat di Pendidikan Tinggi. Selain itu untuk meningkatkan kualitas lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja di masa depan.

Untuk itu maka perlu adanya reorientasi kurikulum program studi dengan mengubah pola pikir dari pendekatan kurikulum berbasis konten yang kaku menjadi kurikulum berbasis capaian pembelajaran yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif, khususnya dalam mendukung implementasi program pembelajaran mahasiswa di luar perguruan tinggi (rls/zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar