Dihadapan Orangtua Siswa, SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru Targetkan Siswa di Terima PTN lebih Banyak Lagi

  • Jumat, 24 Juni 2022 - 23:09:58 WIB | Di Baca : 991 Kali

 

Seriau,- Momen pembagian rapor kelas X dan XI dimanfaatkan oleh kepala sekolah untuk menyampaikan beberapa program sekolah. Selain memaparksn program sekolah, acara yang diikuti ratusan orangtua siswa, juga untuk mendengarkan aspirasi, keluhan dan masukan orangtua untuk kemajuan sekolah.

" Ya, kita kumpulkan orangtua siswa  untuk sinergisitas program yang akan dijalan sekolah sekaligus mendengarkan arahan oleh Tim Pendamping Pemulihan SMA Muhamadiyah 1 Pekanbaru tentang bagaimana siswa kita kedepannya," kata Kepala SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, Muhammad Nasir MPd, Jumat (24/6) disela kegiatan.

Loading...

Dikatakan M Nasir, salah satu program disiapkan sekolah bagaimana siswa SMA Muhamadiyaah 1 Pekanbaru banyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baik di pulau Sumatra dan Jawa. Tahun ini, jumlah siswa SMA Muhamadiyaah 1 Pekanbaru di terima di PTN sebanyak 15 orang dengan rincian 12 siswa terima di Unri, 1 siswa di Universitas Sriwijaya, 1 siswa di USU dan 1 siswa lagi di UNAND.

Jika dibandingkan tahun lalu hanya 6 orang yang diterima di PTN. Meskipun, ada peningkatan 8 orang, namun jumlah ini masih sedikit jika dibanding dengan jumlah siswa yang menamatkan pendidikan sekitar 200 orang

" Kita akan bentuk tim khusus dari guru, praktisi dan dosen untuk meningkatan jumlah siswa yang diterima diperguruan tinggi negeri. Sebab, orientasi pendidikan SMA ini melanjutkan penddikan di perguruan tinggi. Berbeda dengan SMK yang disiapkan untuk bekerja," kata M Nasir.

M.Nasir mengakui banyaknya siswa SMA Muhamadiyaah 1 Pekanbaru belum diterima di PTN ternama salah satu faktornya tidak ada jejaring alumni yang diterima di perguruan tinggi sehingga informasi dari universitas tersebut tidak sampai ke adik adik kelas. Jejaring alumni yang kuliah di PTN tersebut menandakan indeks sekolah semakin meningkat." Oleh sebab itu, semakin baik indeks sekolah akan memberi peluang adik kelasnya yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi maka semakin baik," kata M Nasir.

Usaha yang dilakukan, kata M Nasir, akan melakukan kerjasama dengan beberapa PTN. Sekolah akan memberikan pendampingan pemantapan siswa terutama bidang akdemiknya. Sebab, penerimaan siswa di PTN, tidak hanya melalui UTBK, tapi juga jalur SNMPTN dan PBUD."  Kita akan perkuat nilai akademik siswa dulu," kata M Nasir

Tak hanya itu, dalam waktu dekat pihaknya juga akan memagangkan 4 orang guru ke SMA Muhammadiyah di Surabaya guna menambah kompetensi para guru. Selain itu, pihaknya juga akan menambah pembentukan ekstra kurikuler (ekskul) bagi siswa. Saat ini baru ada 12 ekskul di sekolah." Kita akan bentuk ekskul tambahan diantaranya, ekskul bahasa jepang, bahasa mandarin, korea," katanya.   

Pada acara tersebut menghadirkan narasumber dari Tim Pengembangan Sekolah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yakni Dr H Sholihin Fanai MPSDM, Ketua Majelis Tabligh PWM Jatim (Pakar Pengembangan SDM), dan Dr H Mulyana SPd MSi, Ketua Majelis Pustaka PWM Jatim (Pakar Marketing dan Branding Sekolah). (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar