Pesantren Terpadu YLPI Riau Dibangun di Lahan 7 Hektar di Pasir Putih

  • Rabu, 22 Juni 2022 - 22:08:57 WIB | Di Baca : 1230 Kali

 

Seriau,- Pesantren Terpadu YLPI Riau di Pasir Putih Siak Hulu segera di bangun. Pembangunan Pesantren Terpadu diatas lahan 7 hektar ini dibangun dengan konsep moderen bernuansa alam.

Kepastian pembangunan Pesantren Terpadu ini disampaikan Ketua Umum YLPI Riau Dr.H. Nurman.MSi saat mengekpos pembangunan Gedung Pesantren Terpadu YLPI Riau, Rabu (22/6) pagi di Pasir Putih Siak Hulu

" Untuk desain gambar pembangunan Pesantren Terpadu YLPI  sudah ada, tinggal pembangunan yang mungkin tidak lama lagi kita bangun. Pesantren Terpadu YLPI Riau ini di bangun diatas lahan 7 hektar dari total 54 hektar milik YLPI Riau," kata Nurman, Rabu (22/6)

Hadir dalam ekspos pembangunan Pesantren Terpadu YLPI Riau diantaranya Dewan Pembina YLPI Imam Ghazali berserta jajaran, Pengawas YLPI Riau, pengurus YLPI Riau, wakil rektor I UIR, para dekan, kepala sekolah dibawah naugan YLPI Riau dan tim pembangunan Gedung Pesantren Terpadu YLPI Riau.

Nurman mengatakan untuk tahap awal ini, yayasan menyiapkan dana Rp 1 miliar untuk membangun gedung pesantren. Konsep pesantren terpadu ini terdiri dari MTs dan Madrasah Aliyah (MA). Hanya saja, konsep pendidikan menerapkan manajemen pesantren." Jadi pesantren terpadu ini formalnya ada MTs dan MA tapi manajemen pendidikan menerapkan konsep pesantren. Tahun ini pembangunan kita mulai dan tahun 2023 sudah menerima siswa baru," terang Nurman.

Selain dana awal YLPI Riau, kata Nurman, pihaknya akan menggalangkan dana infak pembangunan Pesantren Terpadu YLPI mulai dari pegawai, dosen, guru hingga pengurus YLPI Riau. Besaran infak setiap bulannya
berbeda tergantung golongan pegawai." Jika program ini berjalan, maka terkumpul infak pembangunan bisa mencapai Rp 60 juta setiap bulanya," kata mantan wakil rektor 1 UIR ini.

Dia menyampaikan, pembangunan jangka panjang di lahan Pesantren Terpadu YLPI Riau di Siak Hulu juga dirancang pembangunan Kampus II UIR. Dilahan ini juga akan dibangun fakultas teknik, fakultas pertanian, rumah sakit, asrama putra dan putri, lapangan olahraga, rumah guru dan pegawai, mini market dan sarana pendukung lainnya" Untuk pembangunan semua ini kita memerlukan dana sekitar Rp 65 miliar," kata Nurman.

Sementara itu ketua tim pembangunan Pesantren Terpadu Roni Ardiansyah mengatakan, desain tahap awal pembangunan pesatren terpadu khusus MTs akan dibagi dalam beberapa blok yakni blok A, B dan C. Namun, untuk pembangunan awal dikejar dulu di blok A yang estimasi dana diperlukan sekitar Rp 2.5 miliar. Sementara dana awal yayasan Rp 1 miiar ini pergunakan sebagian untuk pembangunan blok A.

" Kita utama dulu untuk pembangunan ruang kelas. Total dana digunakan bagi pembangunan gedung MTs bisa mencapai Rp 8 atau Rp 9 miliar. Lahan yang diperlukan untuk gedung MTs ini seluas 2,5 hektar," kata Roni.

Sekretaris Dewan Pembina YLPI Riau H. Abdul Kudus Zaini yang hadir langsung melihat desain pembangunan pesantren terpadu ini berharap bisa diselesaikan secepatnya. Abdul Kudus yang ikut  melakukan studi banding ke Pasanteen Mualimin Yogyakarta, bahwa Pesantren Terpadu YLPI Riau ini bakal menjadi pesantren yang unggul di Riau." Kita sudah studi banding ke Pesantren Mualimin melihat sejauh mana konsep pesantren yang mereka tetapkan. Model dan sistem pendidikan bisa kita tetapkan di Pesantren Terpadu YLPI Riau nantinya," kata mantan Dekan Teknik UIR ini. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar