Vannes Wijaya Siswa SMAN 8 Pekanbaru Wakili Indonesia di International Olympiad in Informatics

  • Selasa, 21 Juni 2022 - 20:38:09 WIB | Di Baca : 806 Kali

 

Seriau,- Vannes Wijaya siswa SMAN 8 Pekanbaru berhasil menjadi salah satu peserta mewakili tim Indonesia diajang International Olympiad in Informatics (IOI) 2022. Kompetisi IOI merupakan olimpiade komputer yang diikuti oleh anak sekolah menengah atas dari seluruh dunia.

Vannes yang akrab disapa ini menceritakan dirinya mengikuti seleksi International Olympiad in Informatics berawal dari peserta yang berhasil meraih medali di ajang KSN. Vannes yang meraih medali perunggu di KSN ini diikutserta untuk seleksi dengan jumlah peserta 41 orang. Dari 41 peserta yang ikut seleksi IOI di diseleksi lagi menjadi 28 peserta. 

Loading...

Dari 28 peserta, kata Vannes, diseleksi lagi hingga terpilih 17 orang peserta. Dari beberapa seleksi hingga akhirnya terjaring 8 orang peserta yang mewakili Indonesia di ajang International Olympiad in Informatics." Dari 8 peserta yang terpilih salah satunya saya," kata Vannes ketika di wawancara, Selasa (21/6)

Vannes juga mengatakan, tes seleksi yang diberikan berupa tes tertulis setiap sabtu. Tes dilakukan secara daring oleh tim Kemendikbud RI." Tes diberikan hanya tertulis dan soalnya pun tidak banyak hanya 3 soal, tapi jawaban cukup panjang," ujar Vannes didampingi sang ibunda

Pelaksanaan IOI ke- 35 tahun ini, kata Vannes, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah. Tempat kegiatan di pusat di Jogyakarta mulai tanggal 7 hingga 15 Agustus mendatang. Tahun lalu IOI dilaksanakan di Singapura yang diikuti oleh 85 negara." Tahun ini saya belum tahu berapa negara yang ikut berkompetisi, " kata Vannes

Sebelum mengikuti IOI, kata Vannes kemungkinan dilakukan pembinaan oleh tim Indonesia selama 2 minggu. Selain dibimbing oleh tim Indonesia Vannes juga mempersiapkan diri dengan berbagai latihan baik yang diadakan disekolah dan dirumah. Mengenai target, dirinya berusaha memberikan yang terbaik bagi sekolah dan Indonesia." Saya tetap berusaha dan optimis bisa memberikan yang terbaik bagi tim Indonesia," ujar siswa kelas XI ini.

Terpiihnya Vannes Wijaya sebagai salah satu tim Indonesia di International Olympiad in Informatics menjadi kebanggaan bagi sekolah dan Provinsi Riau karena telah berhasil mewakili Indonesia diajang olimpiade komputer tingkat dunia.

" Ini suatu kebanggaan dari sekolah sebab Vannes ini berhasil masuk tim Indenesia di International Olympiad in Informatics (IOI) tahun 2022," kata Kepala SMAN 8 Pekanbaru H. Tavip Tria Candra.

Menurut Tavip, sekolah selalu memberikan dukungan kepada siswa yang ikut berlomba ditingkat kota, provinsi, nasional dan internasional. Dukungan ini misalnya memberikan pembinaan kepada siswa yang ikut berlomba." SMAN 8 Pekanbaru akan dikenal orang di seluruh Indonesia karena prestasi yang diraih siswa. Bayangkan hanya 8 sekolah di Indonesia yang mewakili Indonesia. Orang akan kenal SMAN 8 karena prestasi siswa salah satunya yang ditoreh Vannes Wijaya," kata Tavip (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar