Labor Dasar UIR Kejar Standarisasi ISO 17025 Khusus Laboratorium

  • Senin, 06 Juni 2022 - 12:36:23 WIB | Di Baca : 1168 Kali

 

Seriau,- Labor Dasar Universitas Islam Riau (UIR) merupakan salah satu unit kerja yang ada di Kampus UIR. Labor yang saat ini melayani dan berfokus pada layanan pengujian dan pendidikan tersebut menyediakan kebutuhan laboran bagi beberapa fakultas dengan fokus eksakta seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan khusus pada Prodi Pendidikan Kimia dan Pendidikan Biologi, Fakultas Pertanian dan beberapa prodi pada Fakultas Teknik.

Ditemui di ruang kerjanya Kepala Labor Dasar Arief Yanda Putra, SSi MSi yang juga merupakan salah satu dosen Prodi Pendidikan Kimia pada Selasa lalu 31 Mei 2022, mengatakan bahwa Labor Dasar UIR adalah labor yang masih berfokus pada labor skala pendidikan seperti praktikum kimia dasar, praktikum fisika dasar, pengujian instrumen, dan berbagai parameter.

“Benar untuk saat ini Labor Dasar UIR adalah labor pendidikan, yang mana pelayanan yang kami berikan dan tersedia masih hanya pada ruang lingkup pengajaran dan juga penelitian bagi mahasiswa dan dosen di UIR, tapi target kita pada tahun ini dan sudah kita laksanakan juga beberapa kelengkapan instrumen untuk sertifikasi ISO khusus labor,” ujar Arief.

Lebih lanjut Arief menjelaskan, untuk memenuhi standarisasi ISO 17025 (The International Organization of Standardization khusus laboratorium oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional), Labor Dasar harus mempunyai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang baik dan memadai.

“Untuk mengejar standarisasi ISO kita selaku laboratorium harus memenuhi beberapa instrumen-instrumen seperti salah satunya adalah adanya instalasi pengolahan air limbah yang baik, karena salah satu dasar laboratorium yang baik itu harus memiliki IPAL agar limbah kimiawi yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan sekitar,” sebutnya.

Selain berfokus melayani proses belajar mengajar yang berbasis laboratorium dan penelitian-penelitian dasar, Labor Dasar UIR juga sudah menghasilkan beberapa produk luaran untuk memenuhi kebutuhan ruang lingkup UIR saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia beberapa waktu lalu yaitu dengan menghasilkan Hand Sanitizer dan Desinfektan yang digunakan oleh Satgas Mitigasi Covid-19 UIR. (zal/ rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar