Trakindo Innovakids 2022: Menyediakan Support System yang Kokoh di Tengah Transformasi Pendidikan Dasar

  • Jumat, 03 Juni 2022 - 21:47:38 WIB | Di Baca : 1587 Kali

SeRiau - Trakindo Innovakids 2022  “Gerakan Transformasi Edukasi Produk Inovasi” menjadi pembuktian komitmen PT Trakindo Utama (Trakindo) pada dunia pendidikan, termasuk pendidikan dasar, khususnya berpartisipasi menyukseskan tujuan strategis Kemendikbudristek RI 2020-2024 dalam hal pengembangan potensi peserta didik yang berkarakter. 

Sebagai ajang kompetisi inovasi siswa SD dalam bentuk teknologi tepat guna, Trakindo Innovakids 2022 adalah puncak dari rangkaian pembinaan dan pendampingan bagi pendidikan dasar yang di tahun 2021-2022 bertajuk Gerakan Transformasi Edukasi (Generasi) Trakindo. Diadakan di tengah berbagai transformasi dan transisi cepat dan mendasar yang kini terjadi di dunia pendidikan dasar, Generasi Trakindo dan Trakindo Innovakids merupakan merupakan kontribusi Trakindo agar guru, siswa dan bahkan orang tua memiliki sistem pendukung (support system) yang kokoh untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, sambil tidak kehilangan fokus pada tujuan pendidikan dasar itu sendiri.

Bari Hamami, President Director PT Trakindo Utama menekankan pentingnya pembentukan karakter untuk mendukung ilmu pengetahuan dalam pendidikan dasar. “Ilmu pengetahuan membuat pintar, tetapi itu tidak cukup, harus diimbangi karakter yang mulia. Lewat Trakindo Innovakids 2022 pendidikan karakter dicapai melalui peningkatan kapasitas tenaga kependidikan, untuk mendorong siswa-siswi agar lebih kritis mengidentifikasi dan menyikapi permasalahan di sekitarnya, dan berani ikut andil dalam memberikan solusi. Yang kami berikan adalah kail, bukan ikan. Kami tidak memberikan semuanya, tapi untuk memancing semua pihak melakukan yang lebih baik lagi, sehingga bisa mengintegrasikan kekuatan kita bersama demi keberlanjutan pengembangan kualitas pendidikan di negara yang kita cintai ini,” ujar Bari Hamami di Trakindo Innovakids 2022 yang berlangsung virtual dan disiarkan ke seluruh Indonesia. 

Trakindo Innovakids 2022 kata Bari, juga sejalan dengan misi pendirinya sejak 1970, yaitu menciptakan lapangan kerja yang layak dan berkualitas bagi sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia. "Berangkat dari misi mulia ini, kami berkomitmen menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas melalui dukungan kami terhadap dunia pendidikan di Indonesia,” ucap Bari Hamami.

Program Trakindo bagi pendidikan dasar sebenarnya telah belasan tahun dilakukan secara intensif. Gerakan Transformasi Edukasi (Generasi) Trakindo yang menjadi tema tahun ini berjalan sejak Juni 2021 dalam dua tahap untuk mendukung penguatan pendidikan karakter, kecakapan hidup, dan budaya inovasi di sekolah-sekolah dasar dengan menempatkan siswa atau anak peserta didik sebagai fokus kegiatan tahun ini. Tahun ini, kegiatan diikuti 40 sekolah, 500 guru dan sekitar 10.000 siswa, orang tua dan komunitas.

Sementara itu Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI Dra Sri Wahyuningsih MPd mengakui kontribusi Trakindo selama ini telah selaras dengan cita-cita pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar. Anak-anak bisa belajar dan berlatih menggunakan rasa ingin tahu untuk mencari jawaban dan solusi sejak dini, serta keinginan untuk belajar yang lebih banyak lagi, tentunya dengan panduan bapak dan ibu gurunya. 

"Semoga lewat kegiatan yang digagas Trakindo ini, para guru mendapatkan wawasan baru dalam membuat praktik pembelajaran yang kreatif dan para siswa bisa mendapat bekal memadai bagi pendidikannya. Saya berharap program seperti ini dapat terus dilaksanakan guna memberikan manfaat positif bagi pendidikan di Indonesia,” ujar Sri Wahyuningsih.

Trakindo Innovakids 2022 dihadiri ratusan peserta daring lewat kanal Youtube PT Trakindo Utama dan kanal Youtube Direktorat Sekolah Dasar yang terdiri dari perwakilan 40 SDN binaan Trakindo, sekolah imbas, praktisi pendidikan, rekan-rekan jurnalis, serta tim Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI. Tahun ini, seluruh kegiatan Trakindo Innovakids 2022 dilakukan secara virtual. 

Para perwakilan SD diminta untuk membuat vlog mengenai inovasi mereka dan sesi penilaian, penjurian, sharing, hingga pengumuman pemenang dilakukan secara daring.

Hasilnya, SDN 1 TONGO, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat berhasil menjadi juara 1 pada Trakindo Innovakids 2022, melalui produk inovasinya yaitu tempat cuci tangan elektrik, juara 2 SDN 4 KETAPANG Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah - bank sampah, juara 3 SDN 005 SEKUPANG, Batam, Kepulauan Riau - air purifier.

Sedangkan Sapa Saya Raja dari SDN 005 SEKUPANG, Batam, Kepulauan Riau menjadi presenter terfavorit dengan menceritakan produk inovasinya yaitu air purifier. 

Juara 1, 2, dan 3 merupakan juara hasil penilaian dewan juri yang terdiri dari Bari Hamami, President Director Trakindo; Dr. Lanny Anggraini, S.Pd., M.A. Pejabat Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI; Daniel Setyadi, Chief Innovation Officer Trakindo, Yulia Yasmina - Chief Administration Officer Trakindo, dan Parama Suteja, Educational Content Creator dan Mahasiswa Pascasarjana Harvard University. Sedangkan Presenter Terfavorit merupakan hasil voting melalui jumlah likes di kanal YouTube Generasi Trakindo.

Kreator konten Parama Suteja yang juga menjadi juri dan tampil memberi motivasi pada siswa dan guru mengaku salut pada inovasi dan pencapaian para siswa di Trakindo Innovakids 2022. “Keingintahuan telah membawa kita pada ide dan inovasi baru untuk kehidupan yang lebih baik. Itulah sebabnya berpikir, bertanya, mengeksplorasi, dan memecahkan masalah merupakan keterampilan yang perlu dilatih di bangku sekolah. Banyak orang sukses seperti Albert Einstein dan Steve Jobs telah berhasil berkat pikiran mereka yang brilian, kreatif, dan inovatif,” ungkap Parama Suteja.

Bari Hamami juga berharap melalui program ini banyak pihak mendapat inspirasi dan masyarakat bisa berpartisipasi bersama Trakindo melahirkan generasi masa depan yang inovatif, kreatif, dan adaptif dengan perubahan yang harus mereka hadapi nantinya, juga bisa menciptakan perubahan di masa depan. (rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar