Siswa SMK Adu Kebolehan di FLS2N SMK, Plt Kadisdik: Siswa SMK Juga Harus Punya Jiwa Seni

  • Ahad, 29 Mei 2022 - 23:39:09 WIB | Di Baca : 1144 Kali

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau melalui Bidang SMK mengelar lomba Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Provinsi Riau. Kegiatan yang diikuti 123 siswa SMK se Riau ini, dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau M. Job Kurniawan, Minggu (29/5) sore di Hotel New Hollywood Pekanbaru.

Dihadapan peserta, Job menyampaikan, bahwa siswa SMK tidak hanya mahir dan memiliki keahlian kompetensi keahlian dibidang teknik dan non teknik saja, tetapi mereka juga mempunyai kebolehan dan jiwa dibidang seni. Lomba FLS2N SMK ini, siswa yang biasanya disiapkan sekolah sebagai tenaga muda terampil, tapi di FLS2N mereka bisa menunjukan wawasan dan kreatifitas dalam berseni. 

Siswa yang ikut lomba tingkat provinsi ini merupakan siswa terbaik yang mewakili daerahnya." Ada 123 peserta yang adu kebolehan dibidang seni. Mereka telah msmpersiapkan diri untuk menjadi yang terbaik di tingkat provinsi," kata Job usai membuka kegiatan, Minggu (29/5) sore

Job juga meminta kepada peserta agar menjunjung tinggi sportifitas dalam setiap lomba. Sebab, salah satu tujuan lomba, selain menyalurkan bakat dan minat siswa dalam seni, juga untuk menanamkan nilai sportifitas kepada siswa salah satunya dengan perlombaan." Kalau belum berhssil menjadi yang terbaik, bisa diulangi pada lomba tahun depan. Jangan putus asa. Begitu juga bagi yang menang, jangan berbangga hati. Siapkan diri untuk lomba ke tingkat nasional," kata Job.

Job mengingatkan kepada juri agar memberi nilai peserta secara objektif, jujur dan adil. Tidak memihak pada siapapun dan sudah tertuang dengan penandatanganan integritas juri setiap bidang lomba." Saya tegaskan juri bisa menilai secara adil, tidak memandang unsur kedekatan, keluarga dan kolega. Nilailah secara objektif," kata mantan Sekda Rohil ini

Sementara Kabid SMK Disdik Riau Yusri Rasul mengatakan, peserta yang mengikuti lomba sebanyak 123 orang dengan 9 bidang lomba. Adapun bidang lomba yang dipertandingkan yakni lomba Menyanyi Solo, Gitar Solo, Seni Lukis, Cipta Lagu, Musik Tradisional, Tari Tradisional, Monolog, Film Pendek (fiksi) dan terakhir lomba Film Pendek (dokumenter). Lomba ini berlangsung tanggal 29 hingga 31 Mei." Bagi para pemenang setiap bidang lomba akan mewakili Riau ke tingkat nasional," kata Yusri.

Selain dihadiri Plt Kadisdik Riau dan Kepala Bidang SMK, juga hadir Sekretaris Disdik Riau Tati Lindawati, Kabid Pendataan Dasril, Kepala Cabang Dinas I, II, II dan IV, Ketua MKKS SMK 12 kabupaten/ kota di Riau dan ketua panitia FLS2N SMK Isnorijal. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar