Sambut HUT ke 40, ACC Lakukan Penghijauan di Kalimantan Barat

  • Selasa, 24 Mei 2022 - 13:37:07 WIB | Di Baca : 1133 Kali

 


SERIAU - Astra Credit Companies (ACC), perusahaan pembiayaan pertama Astra, melakukan kegiatan penghijauan di Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan penghijauan ini dilakukan dengan menanam 2.500 Pohon Mangrove untuk lahan seluas 1 hektar di Ekowisata Telok Berdiri, Sungai Kupah, Kubu Raya, Kalimantan Barat. 

Chief Human Capital Officer ACC Matilda Esther didampingi Area Manager Sales Kalimantan ACC Adhi Sebayang, Area Manager Operation Lince Tandililing serta Branch Manager ACC Pontianak Benny Luck, Operation Head Loran Tambunan dan AR Management Head Budi Hidayat secara langsung melakukan penanaman pohon mangrove dan didampingi oleh Kepala Desa Sungai Kupah Ismail dan Penggiat Ekowisata Telok Berdiri Rudi Hartono.

Kawasan Ekowisata Telok Berdiri di Sungai Kupah, Kubu Raya berada di pesisir barat Pulau Kalimantan yang berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan. Kawasan ini merupakan salah satu program pemerintah untuk masyarakat pesisir melalui ekowisata mangrove. Kawasan Hutan Mangrove di Ekowisata Telok Berdiri memiliki luas total 15 hektar yang berfungsi untuk penahan abrasi dan ombak  serta digunakan untuk perkembangbiakan ikan. 

Chief Human Capital Officer ACC Matilda Esther mengatakan bahwa dalam rangka menyambut HUT ke-40, ACC melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) di Pontianak berupa kegiatan penghijauan dan juga pemberian dukungan untuk Posyandu.  

“ACC akan memasuki usia 40 tahun ini, untuk itu kami ingin berbagi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kalimantan Barat. Kami melakukan penghijauan di Ekowisata Telok Berdiri dengan melakukan penanaman mangrove dan juga pemberian dukungan untuk Posyandu di Kelurahan Parit Tokaya," ujar Esther kepada awak media melalui rilis tertulisnya, Selasa (24/5).

Rudi Hartono alias Rudi Bacok adalah Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sungai Kupah. Rudi adalah sosok yang merintis wisata mangrove dan juga penggiat hutan mangrove. Pada kesempatan yang sama Rudi mengatakan bahwa dirinya sangat gembira dengan kegiatan CSR penghijauan yang dilakukan oleh ACC. ACC merupakan perusahaan swasta pertama yang mendukung Ekowisata Telok Berdiri dan juga yang terbanyak dalam melakukan penghijauan dengan menanam 2.500 bibit mangrove. “Saya sangat senang ACC ikut mendukung ekowisata mangrove Telok Berdiri ini dan semoga kerja sama ini akan berlanjut di program-program yang lain seperti program pengelolaan sampah yang akan dirintis oleh Desa Sungai Kupah”, tambah Rudi.

Selain ekowisata mangrove, Desa Sungai Kupah juga mengembangkan potensi lokal dengan membuat kerajinan tangan dan juga makanan khas seperti abon ikan dan kue stik udang. Ekowisata Telok Berdiri berhasil mendapat nominasi Anugerah Pariwisata Indonesia 2021. 

Selain melakukan penanaman pohon di Ekowisata Mangrove Telok Berdiri, ACC juga memberikan dukungan untuk Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kelurahan Parit Tokaya. 

ACC memberikan dukungan berupa timbangan bayi digital untuk 5 posyandu di kelurahan Parit Tokaya. Dukungan timbangan bayi digital tersebut diterima langsung oleh Lurah Parit Tokaya Asdaruddin dan ibu-ibu Kader Posyandu di Kelurahan Parit Tokaya. (rn)





Berita Terkait

Tulis Komentar