Yayasan RTQ Daarul Muqoomah Wisuda 57 Santri, 13 Diantaranya Hafal Qur'an 30 Juz

  • Senin, 21 Maret 2022 - 12:36:26 WIB | Di Baca : 3233 Kali

 

SeRiau - Yayasan Rumah Tahfidz Quran Daarul Muqoomah menggelar wisuda Tahfidz terhadap 57 orang santri dan santriwati yang dilaksanakan di GOR Badminton jalan Bahagia Bagansiapiapi Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir, pada minggu sore (20/03/2022). Dari 57 santri tersebut, 13 orang diantaranya santri yang telah hafal al Quran 30 juz. 

Kegiatan wisuda ini merupakan rangkaian penutup dalam peringatan Milad ke 4 Yayasan Rumah Tahfidz Quran Daarul Muqoomah. Sebelumnya juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan seperti perlombaan hingga seminar Quranic Parenting. 

Dalam kegiatan wisuda ini dihadiri oleh Bupati Rohil yang diwakili asisten I Ferry H Parya, jajaran pengurus yayasan RTQ Daarul Muqoomah, wali santri dan seluruh santri RTQ Daarul Muqoomah. 

Pimpinan Yayasan Rumah Tahfidz Quran Daarul Muqoomah Syafrizal mengatakan wisuda ini merupakan angkatan kedua sejak Yayasan RTQ Daarul Muqoomah berdiri pada tahun 2018 lalu. 

"Sebenarnya wisuda ini mau kita gelar sejak tahun 2020 dan 2021 namun karena pandemi tidak bisa dilakukan dan pada tahun 2022 ini baru bisa di laksanakan. Mudah mudahan bisa seterusnya kita laksanakan untuk wisuda wisuda berikutnya, " harap Syafrizal. 

Dalam wisuda angkatan kedua ini tambah syafrizal, ada 13 santri yang telah hafal al Quran 30 juz, mereka mengikuti program hafal al Quran selama satu tahun namun mereka berhasil hafal al Quran hanya waktu 8 bulan. 

"Di rumah tahfiz Daarul Muqoomah ini kita ada beberapa program  yakni program tahfiz reguler dua  jam sehari kemudian program iqra pemula baca Al quran dan pondok di batu enam satu tahun hafal 30 juz, alhamdulillah semua santri kita yang hafal quran 30 juz hanya dalam waktu 8 bulan dan tak sampai satu tahun, "katanya.

Setelah diwisuda para santri khususnya hafidz 30 juz akan tetap mondok di RTQ Daarul Muqoomah. Mereka masih punya sisa waktu untuk memperkuat hafalan Quran sebelum masuk ke perguruan tinggi. 

"kita sudah melakukan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi baik itu yang berada di riau bahkan di pulau Jawa. Santri Kita akan dapat beasiswa untuk melanjutkan belajarnya seperti di Institut Tazkia Bogor, sekolah tinggi ilmu Muhammad nasir bekasi- jakarta, Universitas Ibnu Khaldun Bogor dan perguruan tinggi lainnya, mudah mudahan ini bisa terealisasi, "harapnya.

Hadirnya santri dan santriwati penghafal al Quran yang dilahirkan melalui yayasan RTQ Daarul Muqoomah diharapkan mampu membantu program pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia dibidang pendidikan. 

" Hadirnya kita bersama para penghafal al Quran tentunya diharapkan mampu membantu pemerintah dalam meningkatkan indek sumber daya manusia khususnya di bidang pendidikan,  kita juga bercita cita ingin menjadikan rohil sebagai Negeri seribu Penghafal Al Quran sesuai dengan tema yang kita angkat pada milad ke 4 Yayasan RTQ Daarul Muqoomah tahun ini, "tutupnya.

Sementara itu Asisten I Rohil Ferry H Parya mengapresiasi atas digelarnya wisuda Tahfidz 30 juz oleh Yayasan RTQ Daarul Muqoomah, tentunya diharapkan dengan banyaknya penghafal al Quran di rohil akan membawa keberkahan untuk negeri dan masyarakat rohil. (ad)





Berita Terkait

Tulis Komentar