Prosesi Wisuda Singkat dan Undangan Dibatasi, UIR Wisuda 1.961 Lulusan Secara Luring Sejak Pandemi

  • Jumat, 28 Januari 2022 - 22:47:43 WIB | Di Baca : 2573 Kali

 

Seriau,- Setelah dua tahun ini, Universitas Islam Riau (UIR) tidak melaksanakan wisuda secara tatap muka akibat covid, Kini, UIR kembali mengelar wisuda secara tatap muka periode I tahun 2022 ini. Prosesi wisuda akan dilaksanakan selama dua hari, Rabu (2/2) dan Kamis (3/2) dilakukan secara singkat dengan undagan yang terbatas

" Ada sebanyak 1.961 wisudawan yang akan diwisuda. Proses wisuda akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Rektor UIR, Prof DR Syafrinaldi SH MCL, saat menggelar konferensi pers di ruang Migas Center, Jumat (28/1) sore

Hadir dalam konferensi pers Wakil Rektor II UIR, DR Firdaus, Wakil Rektor III, DR Admiral serta Kepala Bagian Humas dan Protokoler UIR, DR Harry Setiawan.

Dikatakan Syafrinaldi, ada sejumlah komponen yang diperhatikan sebelum melaksanakan wisuda luring antara lain menyiapkan sarana dan prasarana pendukung Prokes. Beberapa langkah dilakukan untuk menghindari penyebaran Covid-19 sepanjang wisuda. Pada wisuda, pihak kampus tidak mengundang orangtua wisudawan untuk hadir langsung.

"Jadi, yang hadir kita batasi. Hanya internal kampus dan beberapa orang luar kampus, seperti dari LLDIKTI Wilayah X, mitra bisnis UIR dan pimpinan Bank Riau Kepri yang bakal memberi apresiasi kepada pemuncak wisuda," kata Rektor.

Selanjutnya, sebelum masuk ruang wisuda, seluruhnya harus menerapkan prokes yang telah ditetapkan. Dimana, calon wisudawan sebelum memasuki ruangan harus mencuci tangan, diukur suhu tubuhnya dengan thermo gun. Kalau suhu tubuh di atas ketentuan, tidak diperkenankan masuk ruangan. Di samping itu, akan ada scan barcode aplikasi Peduli Lindungi di pintu masuk. Karena wisudawan wajib sudah divaksin minimal dosis pertama." Meski demikian saya memastikan tidak ada kebijakan yang mengharuskan wisudawan melakukan rapid test atau swab antigen, kata rektor.

Selain itu, kata Syafrinaldi, UIR juga meniadakan beberapa agenda seremonial saat wisuda. Wisudawan juga tak akan berlama-lama di dalam ruangan. Karena setelah kucir dipindah, wisudawan tak kembali ke bangku melainkan langsung ke luar ruangan. Prosesinya lebih singkat.

Pembagian hari wisuda pun tidak lagi mengacu pada usia fakultas-fakultas seperti yang mereka lakukan biasanya. Pihaknya berupaya di wisuda hari pertama dan hari kedua, jumlah yang diwisuda tak jauh berbeda. Hari pertama, ada 1.017 orang dan hari kedua 944 orang yang bakal diwisuda. Adapun peserta wisuda masing-masingnya dari Fakultas Hukum sebanyak 136 orang, Fakultas Agama Islam 86 orang, Fakultas Teknik 244 orang, Fakultas Pertanian 144 orang, Fakultas Ekonomi 284 orang dan FKIP sebanyak 474 orang.

Selanjutnya, dari Fakultas Sosial dan Politik sebanyak 294 orang, Fakultas Psikologi 98 orang, Fakultas Ilmu Komunikasi 84 orang dan Pascasarjana sebanyak 117 orang wisudawan." Dengan wisuda ini, maka jumlah alumni UIR hingga sekarang sudah 63.656 orang," kata rektor.

Sementara itu, Kabag Humas UIR Harry Setiawan mengatakan, karena masih dalam masa pandemi, pihaknya telah berkoordinasi dengan satuan tugas (Satgas) penanggulangan Covid-19 terkait pelaksanaan wisuda ini." Kami sudah bertemu Satgas Covid-19. Pada dasarnya, UIR sudah dipenankan oleh Satgas menggelar wisuda Luring. Dengan catatan harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan," kata pria yang akrab disapa Ari.(zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar