Kabid SMA: Meski PTM 100 Persen, Kegiatan Ekstrakulikuler Siswa dan Kantin Ditiadakan

  • Rabu, 05 Januari 2022 - 13:48:51 WIB | Di Baca : 2544 Kali

 

Seriau,- Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah mengeluarkan kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen. Meski PTM 100 persen bagi SMA/SMK sedejarat, ada kegiatan yang belum bisa dilaksanakan sekolah yakni kegiatan ektrskuikuker dan aktivitas kantin sekolah.

" Kegiatan ektrakulikuler siswa belum boleh dilaksanakan oleh sekolah. Begitu juga dengan kantin harus tutup, belum boleh dibuka," kata Kabid SMA Disdik Riau Aristo.MPd, Selasa (4/1) di Pekanbaru.

Dikatakan Aristo, kegiatan ekskul siswa, olahraga dan kantin  ditiadakan ini sesuai dengan peraturan SKB 4 Menteri yang belum membolehkan meskipun  pembelajaran tatap muka 100 persen. Teknis belajar tatap muka 100 persen ini sepenuhnya diserahkan kesekolah dengan memperhatikan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan.  Keselamatan kesehatan guru dan siswa paling utama. 

Siswa yang masuk sekolah juga dibagi dalam dua sif setiap harinya dengan durasi 6 jam setiap sif- nya." Kalau dipaksakan 6 jam dengan sistem 2 sif mungkin siswa pulang terlalu lama. Perlu startegi sekolah untuk mengatut itu semua." Kalau satu sif, pastilah kekurangan lokal karena jumlah siswa dibagi dua. Makanya, teknis pengaturannya kita serahkan pada sekolah. Ada sekolah yang menerapkan durasi pembelajaran 6 jam dan 4 jam," kata Aristo

Terkait dengan siswa yang belum divaksin, Aristo menghimbau agar segera ikut vaksinasi. Mengingat, vaksin salah satu syarat pembelajaran sekolah tatap muka penuh kecuali bagi siswa yang betul betul tidak bisa divaksinasi karena faktor kesehatan. Pentingnya vaksin bagi siswa untuk meningkatkan herd immunity siswa.

Selain itu, Aristo juga mengihimbau agar sekolah menerapkan barcode bagi siswa yang ingin masuk ke sekolah."  Sejauh ini siswa yang belum divaksin tetap bisa mengikuti pembelajaran tatap muka tidak boleh lagi daring," kata Aristo

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Siak Hulu, Aslim mengatakan pembelajaran tatap muka100 persen telah dilaksanakan, Rabu (5/1) setelah Disdik Riau mengeluarkan keputusan pembelajaran tatap muka 100 persen." Kita baru hari ini melaksanakan tatap muka 100 persen. Siswa masuk jam 7 pagi hingga jam 1.45 siang dengan durasi 6 jam," kata Aslim, Rabu (4/1) melalui handphonenya

Terkait dengan kegiatan ekstrakulikuler siswa dan kantin sekolah hingga saat ini masih ditiadakan karena belum dibolehkah. Sedangkan untuk pelajaran olahraga hanya teori diberikan ke siswa." Ekskul siswa ditiadakan. Kantin sekolah juga masih tutup," kata Aslim.

Jumlah siswa SMAN 2 Siak Hulu yang sudah divaksin mencapai 95 persen hanya beberapa siswa lagi yang belum divaksin karena faktor kesehatan. Sedangkan jumlah guru sudah divaksin mencapai 99 persen. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar