Baznas Rohil Target Pengumpulan Zakat Capai 13 Miliyar Akhir 2021

  • Rabu, 17 November 2021 - 11:30:36 WIB | Di Baca : 1344 Kali

 

SeRiau - Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Rokan Hilir menargetkan pengumpulan zakat bisa mencapai 13 miliyar hingga akhir tahun 2021. Baznas akan bersinergi bersama pemda dan akan turun ke perusahaan untuk menambah jumlah pengumpulan zakat. 

"Hari ini kami mulai turun ke setiap kecamatan untuk mensosialisasikan Peraturan Bupati No 61 tahun 2021 tentang pedoman pelaksanaan Perda Nomor 15 tahun 2019 tentang pengelolaan zakat. Kami juga akan turun ke perusahaan untuk mensosialisasi Perbup ini, mudah mudahan bisa menambah pengumpulan zakat kita, sebut Ketua Baznas Rohil Baharudin saat menggelar sosialisasi perbup no 61 tahun 2021 dikantor Camat Bangko, rabu (17/11/2021). 

Baharudin menjelaskan bahwa jumlah zakat yang di kelola oleh baznas rohil setiap tahun meningkat mulai dari tahun 2018 sekitar 200 juta dan pada akhir 2021 nanti ditargetkan capai 13 miliyar. 

" Pengumpulan zakat kita setiap tahun alami peningkatan, terhitung sejak tahun 2020 kemaren mencapai 12 miliyar dan pada bulan November ini mencapai 11 miliyar dan ditargetkan akhir tahun 2021 ini bisa mencapai 13 miliyar, ungkapnya".

Ditambahkan Baharudin hasil pengumpulan zakat yang dikelola selama tahun 2021 ini telah disalurkan ke sejumlah penerima zakat, mulai dari bantuan kebakaran, rehab rumah, bantuan biaya belajar keluar negeri hingga bantuan lainnya.

"Hingga kini kami baznas rohil sudah menyalurkan sebesar 6 miliyar dana zakat yang terhitung dari bulan Januari hingga bulan ini, itu bantuannya ada beberapa jenis mulai dari biaya belajar, bantuan kebakaran, rehab rumah serta bantuan lainnya, ujarnya".

Sementara itu Asisten I Setdakab Rohil Feri H Parya berharap agar baznas rohil bisa merangkul wajib zakat selain daripada asn. Dengan demikian maka bisa menambah jumlah pengumpulan zakat setiap tahunnya. 

"Saat ini wajib zakat di baznas rohil masih didominasi oleh asn, kita meminta agar baznas bisa merangkul masyarakat kita yang mampu dan memenuhi syarat untuk berzakat sehingga makin banyak dana terkumpul dan bisa banyak juga masyarakat yang terbantu, pintanya".

Dalam kesempatan itu Baznas Rohil juga menyerahkan bantuan produktif atau usaha kepada 10 orang penerima yang telah melampirkan permohonan sejak tahun 2020 yang lalu. (ad)





Berita Terkait

Tulis Komentar