Fikom Umri dan LDK PWM Riau Sukses Gelar Training Komunikasi dan Organisasi Pengurus OSIS dan IPM SLTA se Provinsi Riau

  • Ahad, 14 November 2021 - 18:13:39 WIB | Di Baca : 1506 Kali

 

Seriau,- Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau (Fikom Umri) dan Lembaga Dakwah Khusus (LDK) PW Muhammadiyah Riau sukses gelar kegiatan Training Komunikasi dan Organisasi bagi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SLTA Seprovinsi Riau

Dilaksanakan di hotel Winstar Pekanbaru, empat puluhan siswa SLTA masing-masing berasal dari kabupaten Kuansing, Pelalawan, Kampar, Kepulauan Meranti, Dumai dan Kota Pekanbaru itu antusias mengikuti rangkaian acara selama tiga hari pada Jum'at - Ahad, 12-14 November 2021.

Hadir pula dalam rangkaian kegiatan itu para pemateri diantaranya Ketua PW Muhammadiyah Riau Dr H Saidul Amin MA, Ketua LDK PW Muhammadiyah Riau Syamsir SPd MSi, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Jayus SSos MIKom serta Wakil Dekan Eka Putra MSc dan jajaran dosen, anggota KPU Riau Nugroho Notosusanto SIP,  sekretaris PW Pemuda Muhammadiyah Riau Infa Wilindaya SIP MSi, Ketua PD Pemuda Muhammadiyah Kampar Almi Zarlis MIKom, Ketua KPU Kampar Maria Aribeni SSi MSi, anggota Bawaslu Kampar Edwar SSi MIP, dan para Kepala SLTA yang mendampingi peserta kegiatan.

Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau Jayus SSos MIKom mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Fakultas yang ia pimpin dan LDK PW Muhammadiyah Riau itu sebagai bentuk sumbangsih dan kepedulian lembaganya pada masyarakat khususnya para siswa SLTA yang aktif berorganisasi untuk memberikan pemahaman keilmuan komunikasi dan keorganisasian.

"Ini adalah wujud kepedulian kita kepada para siswa SLTA yang aktif berorganisasi dengan memberikan pemahaman keilmuan komunikasi dan keorganisasian. Selanjutnya dapat diterapkan dan dikembangkan di organisasi di sekolahnya" sebut Jayus.

Ia juga menyebut "Selama tiga hari para siswa diberikan materi diantaranya Public Speaking, Dasar Jurnalistik, Pemanfaatan Sosial Media, Literasi Digital, Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi, Komunikasi Organisasi dan Teknik Persidangan serta wawasan dan praktek keagamaan".

Ketua LDK PW Muhammadiyah Syamsir SPd MSi mengatakan bahwa dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai upaya memberikan wawasan organisasi sebagai bekal para siswa yang aktif berorganisasi di masa sekarang dan masa yang akan datang. Ia juga menyebut bahwa pendekatan dakwah  melalui lembaga dakwah khusus menyasar generasi millenial dengan cara soft.

"Acara ini kita inisiasi bersama Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau yang sebagai upaya memberikan wawasan organisasi sebagai bekal para siswa yang aktif berorganisasi di masa sekarang dan masa yang akan datang. Ini juga merupakan pendekatan dakwah melalui lembaga dakwah khusus menyasar generasi millenial dengan cara soft sehingga dapat diterima dan diterapkan" jelas Syamsir.

Sementara itu ketua PW Muhammadiyah Riau Dr H Saidul Amin MA, mengapresiasi atas digagasnya kegiatan ini serasa memberikan masukan agar memberikatan penguatas komunikasi Islam. Ia memandang  penanaman nilai dan wawasan melalui kegiatan seperti ini dapat merubah cara berfikir seseorang. Penanaman nilai yang baik akan menghasilkan pemikiran yang baik. Saidul Amin juga memotivasi para peserta untuk belajar bahasa asing seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris sambil mengajak untuk menjawab pertanyaannya dalam bahasa Arab dan Inggris.

"Dari materi-materi yang disampaikan itu tentu sangat baik tetapi juga agar diperkuat dengan materi komunikasi Islam. Kemudian penanaman nilai dan wawasan melalui kegiatan seperti ini dapat merubah cara berfikir seseorang" ujar Saidul Amin

"Penanaman nilai yang baik akan menghasilkan pemikiran yang baik. Saya mengajak peserta sekalian untuk belajar bahasa asing seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris dengan mempraktekkan dalam kegiatan sehari-hari" jelas Saidul Amin mengakhiri.(rls/zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar