Hadapi ANBK SD, Ini yang Disiapkan Kepala SDN 163 Pekanbaru

  • Sabtu, 13 November 2021 - 13:24:40 WIB | Di Baca : 1002 Kali

 

Seriau,- Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang Sekolah Dasar (SD) serentak dilaksanakan secara nasional. Gelombang pertama ANBK SD mulai tanggal 15 hingga 18 November ini. Sadangkan gelombang kedua dimulai tanggal 22 hingga 25 November

Kepala SDN 163 Pekanbaru Dewi Kurniati.MPd mengatakan, pihak sekolah jauh jauh hari telah mempersiapkan diri hadapi pelaksanaan ABNK. Beberapa persiapan dilakukan sekolah diantaranya melakukan gladi dan simulasi ANBK tanggal 3 dan 4 November lalu. Selain itu, sekolah juga sudah menyiapkan rungan komputer tempat ujian siswa. Kemudian, siswa telah membahas dan mempelajari materi ujian baik literasi maupun numerasi.  

Loading...

Tidak hanya siswa, pihak sekolah juga sudah memberitahukan perihal ANBK kepada orangtua siswa khususnya siswa kelas V yang nama anaknya terdaftar sebagai peserta ANBK." Semua persiapan sudah kita siap baik ruangan komputer, termasuk memberitahukan kepada orangtua siswa tentang adanya pelaksanaan ANBK," kata Dewi, Sabtu (13/11) di Pekanbaru

Jadwal ABNK di SD 163 Pekanbaru, kata Dewi, akan digelar tanggal 22 hingga 25 November. Siswa yang disiapkan mengikuti ANBK sebanyak 30 siswa yang dibagi menjadi 2 sif pagi dan siang. Masing masing sif akan diisi 15 peserta ujian. Siswa menjadi peserta ANBK merupakan siswa kelas V dipilih secara acak oleh Kemendikbud. Materi ujian juga berasal dari pusat. Sementara pengawas ujian dilakukan secara silang dari sekolah lain.

" Jadi ANBK ini diperuntukan bagi siswa kelas V. Nama nama peserta ujian ditentukan oleh pusat begitu juga dengan materi ujian. Sekolah hanya menyiapkan sarana ujian dan pengawas silang," kata Dewi.

Ditambahkan Dewi, tujuan ANBK ini guna mengetahui sejauh mana kualitas pendidikan setiap sekolah disuatu daerah. Selain itu, ABNK ini untuk pemetaan pendidikan, apakah mutu dan sarana dan prasarana sekolah sudah sama disetiap daerah. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar