Pengabdian Kepada Masyarakat, Prodi FAI UIR Beri Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah Bagi Warga di 6 RT

  • Senin, 08 November 2021 - 14:16:27 WIB | Di Baca : 1620 Kali

 

Seriau,- Sebagai bentuk dari tanggung jawab terhadap problematika masyarakat, Prodi Pendidikan Agama Islam (FAI) Universitas Islam Riau (UIR) mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Minģgu, (7/11).

Adapun dosen yang melaksanakan PKM antara lain Dr. Firdaus, M.Pd.I, Miftah Syarif M.Ag, Musyadad Harahap M.Pd.I dan Ary Antoni, MA. Kegiatan ini, selain menjadi salah satu tugas dosen dalam rangka malaksanakan Catur Darma Perguruan Tinggi, juga merupakan kepedulian terhadap apa yang dibutuhkan oleh masyarakat pada saat ini.

Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat yang diberikan kepada warga yakni Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah. Kegiatan yang dipusatkan di Masjid Nurus Shodri jalan Tuah Karya Panam Pekanbaru ini diikuti 30 peserta dari 6 RT yang ada di jalan Tuah Karya. Kegiatan ini dimulai pada jam 08.00 sampai dengan jam 12.00 wib.

Dosen Prodi FAI UIR, Dr. Firdaus.MP.d. I pada kesempatan tersebut mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat. Kegiatan ini dilatarbelakangi masih banyaknya jamaah yang belum mengetahui tata cara penyelenggaraan jenazah. Padahal, penyelenggaraan jenazah merupakan sesuatu yang sangat urgen dalam kehidupan seorang muslim.

Tata cara penyelenggaraan jenazah terdiri dari memandikan jenazah, mengkafankan, menyolatkan dan terakhir menguburkan jenazah secara baik dan benar." Tata cara penyelenggaraan jenazah ini perlu kita edukasikan kepada masyarakat. Mengingat, tidak semua orang bisa melaksanakan penyelenggaraan jenazah harus ada re-generasi penerus dalam penyelenggaraan jenazah di wilayah rukun tetangga," kata Firdaus, Senin (8/11)

Sementara itu Ketua Masjid Nurush Shodri, Miftah Syarif M.Ag mengatakan, kegiatan ini sangat banyak menfaatnya bagi masyarakat. Apalagi pada saat sekarang ini sudah langka orang yang dapat menyelenggarakan jenazah dengan baik dan benar. Dengan adanya pelatihan penyelenggaraan jenazah ini mudah-mudahan masyarakat dapat teredukasi dan juga menjadi pengalaman awal bagi mereka dalam rangka penyelenggaraan jenazah." Pelatihan dan pengalaman yang mereka dapatkan ini hendaknya dapat diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupan mereka sehari-hari," kata Miftah yang juga dosen FAI (zal/rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar