Meriahkan HUT PGRI ke-76 dan HGN 2021, PGRI Pekanbaru Diklatkan Ratusan Guru SD dan SMP

  • Selasa, 26 Oktober 2021 - 17:45:51 WIB | Di Baca : 2281 Kali

 

Seriau,- Bersempena HUT Persatuan  Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76 dan Hari Guru Nasional (HGN) 2021, PGRI Pekanbaru mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi ratusan guru SD dan SMP. Diklat yang mengambil tema" Guru Belajar, Murid Merdeka" ini sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru.

Kegiatan Diklat ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru. DR.H. Ismardi Ilyas.MA, Sabtu (23/10) di Gedung PGRI Pekanbaru.

Ketua PGRI Kota Pekanbaru Abdul Gafar mengatakan Diklat guru ini dibagi dalam 6 gelombang dimana setiap gelombang terdiri dari dua kelas. Setiap kelasnya diisi oleh 20 guru. Kegiatan Diklat selama 6 gelombang ini berlangsung mulai tanggal 23 Oktober hingga 20 November.

"Jadi hampir satu bulan terus menerus guru mengikuti Diklat yang dilaksanakan di Gedung PGRI Kota Pekanbaru. Setiap seminggu peserta secara bergantian. Artinya, setiap gelombang sekolah mengirimkan satu peserta SD dan SMP. Jumlah peserta setiap gelombangnya sebanyak 194 guru SD dan 48 guru SMP," kata Abdul Gafar, Senin (25/10) di Pekanbaru.

Tujuan dari Diklat guru ini, kata Abdul Gafar, untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyiapkan merdeka belajar. Selain itu, Diklat ini diharapkan guru bisa menjadi pengerak dalam pembelajaran, berinovasi serta bersinergiskan siswa dalam proses belajar mengajar. PGRI juga ingin menjadi mitra Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

" Kami dari PGRI ingin bagaimana guru bisa menciptakan merdeka belajar dan sinergisitas dalam menjalin komuniksi antara PGRI dan Disdik Pekanbaru sehingga mutu pendidikan terutama dimasa pandemi ini terus meningkat," kata Gafar.

Bagi peserta Diklat, kata Gafar, harus mengikuti dengan baik. Apa yang disampaikan oleh pemateri harus di ikuti peserta secara baik. Disamping itu, PGRI dan guru pengerak akan mengadakan pendampingan terhadap guru dalam bentuk bimbingan. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar