Jurusan Manajemen Logistik SMK Dirgantara Riau Satu satunya di Riau, Kepsek: Tamatan Dibutuhkan di Dunia Kerja

  • Selasa, 19 Oktober 2021 - 10:48:17 WIB | Di Baca : 1540 Kali

 

Seriau,-Jurusan Manajemen SMK Dirgantara Riau merupakan satu satunya jurusan yang ada di Riau. Sejauh ini, belum ada SMK di Riau yang mempunyai jurusan manajemen selain di SMK Dirgantara Riau.

" Jurusan manajemen logistik ini masih langka di Indonesia. Bayangkan saja, di Indoensia hanya ada 4 SMK yang mempunyai jurusan manajemen logistik salah satunya di SMK Dirgantara Riau. Ayo bagi adik adik tamatan SMP sederajat segera melanjutkan pendidikan di SMK Dirgantara Riau," kata Kepala SMK Dirgantara Riau Syahmian.SE.MM, Senin (18/10) di Pekanbaru

Loading...

Disebutkan Syahmian, empat SMK mempunyai jurusan manajemen logistik selain SMK Dirgantara Riau yakni SMKN 1 Garut (Jawa Barat) SMK di Bali dan SMK di Kepulauan Riau. Jurusan logistik SMK Dirgantara yang kedua mempunyai jurusan logistik setelah SMKN 1 Garut. Sebagai jurusan yang masih langka, kata Syahmian, jurusan logistik menjadi jurusan yang paling diminati selain jurusan Akutansi Perbankan Syariah, Mesin dan Rangka Pesawat dan Usaha Perjalanan Wisata." Dari 4 jurusan ini, seratus lebih siswa kita mengambil jurusan manajemen logistik," kata Syahmian.

Minimnya sekolah yang mempunyai jurusan manajemen logistik membuat peluang besar bagi tamatan untuk diterima didunia kerja. Tamatan jurusan logistik sangat dibutukkan oleh perusahaan swasta. Tidak hanya di perusahaan swasta, instansi pemerintah dan BUMN juga sangat menginginkan jurusan logistik ini." Logistik tidak hanya di darat, laut saja tapi juga udara. Seperti di bandara, cargo membutuhkan tenaga muda siap kerja,"  kata Syahmian.

Sebagai penguatan jurusan manajemen logistik, kata Syahmian, SMK Dirgantara Riau juga menjajaki kerjasama dengan AURI, Bandara SSK II, Hotel Labersa dan Pengiriman Tiki. Tidak hanya di Riau, SMK Dirgantara juga sudah melaksanakan kerja sama dengan Univeritas Dirgatara Marsekal Suryadarma Jakarta. Kerjasama berbagai pihak dengan tujuan siswa bisa magang dan praktek kerja lapangan. Lama praktek kerja lapangan berkisar selama 1 tahun. Berbeda dengan sekolah lain yang hanya 6 bulan." Jurusan manajemen logistik ini praktek kerja lapangan selama satu tahun mengingat jurusan logistik masa sekolahnya 4 tahun," katanya

Kompetensi jurusan manajemen logistik ini, kata Syahmian, para siswa nanti punya keahlian dalam menjalankan aktivitas perusahaan mulai dari kegiatan penyimpan, pengadaan, penyediaan, pengangkutan, pengemasan barang-barang serta pengepakan." Jadi jurusan ini sangat dibutuhkan di dunia kerja dan usaha," ujar Syahmian.

SMK Dirgantara Riau yang berlokasi di jalan HR Subrantas ini mempunyai fasilitas yang memadai dan mewah mulai dari ruang belajar full AC disetiap ruang belajar, ruang purpustakaan yang nyaman, ruang majelis guru, ruang praktek dan lapangan olahraga. (zal)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar