Permudahkan Akses Data, Pemkab Rohil dan BPS Kerjasama Ciptakan 'Rumah Data Rohil'

  • Senin, 27 September 2021 - 13:02:12 WIB | Di Baca : 1986 Kali

 

SeRiau - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir bersama Badan Pusat Statistik menjalin kerjasama untuk mewujudkan kemudahan dalam mengakses sebuah data di Rokan Hilir. Pemkab rohil dan BPS akan membentuk ''Rumah Data Rokan Hilir' yang terintegrasi mulai tingkat OPD, Kecamatan hingga tingkat Desa. Tujuannya agar seluruh instansi dengan mudah mengakses setiap data pemerintah. 

Kepala BPS Rohil Ir. Rozalinda mengatakan untuk menciptakan satu data yang akurat dan baik, pihaknya akan menggandeng seluruh instansi yang mana tahap pertama nanti akan dilakukan pengumpulan elemen data. 

"kami akan menyusun elemen data yakni  data data prioritas yang akan kita susun dan bangun di rohil, pengumpulan elemen data ini bekerjasama dengan opd dan stakholder, dengan adanya elemen data nanti, data data yang simpang siur dapat terkumpul dalam satu wadah yakni rumah data Rokan hilir, "katanya.


Ditambahkan nya jika rumah data rohil sudah terbentuk maka wadah tersebut akan di kelola oleh Bappeda dan diskominfotik rohil, saat ini pihak bps tengah melakukan pembinaan terhadap penyelenggara Statistik. 

"Untuk siapa yang bisa mengakses nya, itu nanti ada aturannya,  yang jelas data itu hanya untuk kepentingan pemerintah dulu,"sebutnya.

Sementara itu Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong mengatakan bahwa data adalah elemen penting dalam menjalankan roda pemerintahan, dengan adanya mou ini diharapkan bisa mempermudah seluruh instansi untuk mengakses data yang akurat di rohil. 

" Data sangat penting dalam suatu pemerintahan, untuk itu kita berharap setiap opd memiliki data yang akurat yang terhimpun dalam 'rumah data rohil' sehingga mempermudah stakholder lainnya dalam mengakses data pemerintahan Rokan Hilir, "ungkapnya.(ad)





Berita Terkait

Tulis Komentar