Bupati Rohil Tabur Ribuan Benih Anak Baung di Sungai Rokan

  • Selasa, 21 September 2021 - 21:52:52 WIB | Di Baca : 1558 Kali


SeRiau - Guna menjaga dan melestarikan habitat ikan di wilayah perairan Sungai Rokan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan restocking dengan menebarkan ribuan benih bibit ikan baung.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dan Wakil Bupati H Sulaiman, Selasa (21/9/2021) melakukan tabur benih bibit baung di sungai Rokan, tepatnya di Kepenghuluan Sintong Kecamatan Tanah Putih.

Acara itu disaksikan langsung oleh masyarakat dan nelayan setempat. Turut hadir, tokoh muda Rohil Jhoni Charles, camat tanah putih Suryadi, Kadis Perikanan M Amin, tokoh masyarakat, dan anggota DPRD Rohil Dapil III.

Kadis Perikanan M Amin dalam sambutannya mengatakan, restoking ini dilakukan sebagai upaya Pemkab Rohil dalam rangka meningkatkan populasi ikan yang ada di daerah Sungai Rokan karena banyak nelayan yang menggantung kan hidupnya di sungai ini.

Selain itu, Amin juga mengingatkan pada masyarakat Rohil untuk menjaga ekosistem ikan agar tidak menggunakan cara tangkap ilegal seperti sentrum dan racun ikan karena hal itu dapat mengganggu perkembangan biakan ikan.

"Kalau bisa saat dapat ikan yang sedang bertelur pun kita lepaskan saja kembali, supaya ikan menetas dan pupulasinya bertambah," sebut Amin.

Dijelaskan Amin, untuk membantu ekonomi para nelayan, Dinas Perikanan Rohil terus berupaya memberikan bantuan setiap tahun nya. Seperti bantuan sampan, jaring, bantuan bibit ikan, pakan ikan serta lainnya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong mengungkapkan, kondisi ikan di sepanjang Sungai Rokan tidak seperti dulu lagi banyaknya. Masa ia kecil, saat pulang sekolah masih gampang mendapatkan berbagai jenis ikan seperti selais, udang, baung dan lainnya.

"Sekarang untuk cari lauk dirumah saja pun mulai susah. Ini banyak faktor penyebabnya, selain limbah, juga karena adanya sentrum dan racun ikan" kata Afrizal.

Oleh sebab itulah, bupati juga meminta dengan sangat kepada masyarakat dan nelayan untuk sama-sama menjaga kelestarian alam dengan tidak menggunakan alat tangkap sentrum dan racun agar pupolasi ikan ini kembali melimpah.

Selain disitu, bupati juga melakukan tabur benih ikan di Kecamatan Pujud dan dan Kecamatan Tanjung yang masih merupakan aliran sungai Rokan.

Pada kesempatan itu, disetiap acara kunjungan kerjanya, bupati Rohil secara simbolis selalu membagikan bantuan langsung tunai kepada masyarakat yang terkena dampak akibat pandemi Covid19 ini. (Rls)





Berita Terkait

Tulis Komentar