Asisten II Setdakab Rohil Buka Kegiatan Pembinaan Perpustakaan Tingkat Daerah

  • Senin, 20 September 2021 - 14:12:24 WIB | Di Baca : 1487 Kali

SeRiau - Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Setdakab Rokan Hilir (Rohil) Rahmatul Zamri SSos MSi membuka kegiatan Pembinaan Perpustakaan Tingkat Daerah pada Satuan Pendidikan Dasar Kabupaten Rohil tahun 2021.

Kegiatan berlangsung di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Rohil di Bagansiapiapi, Senin 20/09/21.

Banyak manfaat yang diperoleh lewat kebiasaan membaca yang baik terutama sebagai wadah meningkatkan pemahaman, informasi dan  kualitas terhadap pengetahuan.

"Hendaknya kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan serius karena sangat penting, perpustakaan merupakan ujung tombak tersedianya bacaan bagi masyarakat, anak-anak didik," kata Rahmatul Zamri.

Menurutnya pengelolaan perpustakaan perlu ditingkatkan seiring waktu, semakin profesional dan handal, Selain itu jangkauannya lebih luas agar dapat mudah diakses oleh masyarakat.

"Hadirnya pustaka desa itu sangat penting supaya mudah di jangkau dan  bisa menjadi bahan bacaan bagi anak anak kita"katanya.

Namun tidak bisa dipungkiri kata Rahmatul bahwa minat baca masyarakat pada saat ini masih rendah, untuk itu perlu didorong dengan tersedianya bahan bacaan yang banyak sekaligus langkah-langkah inovatif agar masyarakat tertarik untuk mengunjungi pustaka dan membaca naskah yang ada.

sementara itu Kadispersip Rohil M Zen MSi mengungkapkan kegiatan itu menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya dari tingkat propinsi Riau.

"Kita lakukan pembinaan yang diharapkan sebagai langkah mengembangkan pengelolaan yang ada di pustaka," kata M Zen.

Ia mengungkapkan sangat penting minat baca masyarakat diangkat kembali, lewat upaya yang dilakukan berupa pembinaan kepada pengelolaan pustaka sehingga mampu melakukan terobosan yang membuat masyarakat tertarik untuk meningkatkan minat dan daya baca yang ada.

"Kegiatan ini dimaksimalkan satu hari, secara efektif. Sebagai ajang tukar informasi, sharing pengalaman dan sebagainya. Melibatkan 50 peserta dari pengelola pustaka sekolah maupun perpustakaan tingkat desa," ungkapnya.

Hadir Plt Kadiskominfotiks Hermanto SSos, Kadisdikbud HM Nurhidayat SH MH, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Rohil Drs H M Zen MSi.(ad)





Berita Terkait

Tulis Komentar