Warga yang Terpapar Covid-19 Dapat BLT dari Pemko Pekanbaru

  • Kamis, 26 Agustus 2021 - 14:53:40 WIB | Di Baca : 2009 Kali
Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil

SeRiau - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan meberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan diberikan kepada warga kurang mampu yang kepala keluarganya terpapar Covid-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil mengatakan, BLT yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Pasalnya, bantuan yang akan diberikan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pekanbaru 2021.

"Dari APBD. Jadi jumlahnya kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," ujar Muhammad Jamil, Kamis (26/8/2021).

Menurutnya, BLT ini juga tidak sama dengan bantuan yang diberikan Pemko pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lalu. Pihaknya telah melakukan rapat dengan dinas teknis agar penerima bantuan benar-benar tepat sasaran. 

Warga penerima bantuan adalah mereka yang kepala keluarganya terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi terpusat (Isoter) di fasilitas pemerintah, sehingga tidak dapat memberikan nafkah.

"Bukan seperti BLT biasa. Kalau BLT biasa kan semua yang susah dikasih. Kalau kepala keluarganya terkonfirmasi Covid-19, itu yang kami bantu," jelasnya.

Saat ini Dinas Sosial dibantu pihak kelurahan yang melibatkan RT/RW tengah melakukan pendataan. Mereka mendata warga miskin penerima manfaat nantinya. 

Jamil pun belum dapat memastikan berapa anggaran yang disiapkan Pemko untuk BLT tersebut. Ia masih menghitung kemampuan keuangan daerah. 

"Kita kan lagi mendata ini. Pak Wali kan kemarin targetnya Rp1 juta. Tapi kalau seandainya tidak mencukupi keuangan daerah, kita kurangi nanti," pungkasnya. (**H)





Berita Terkait

Tulis Komentar