Siswa Difabel Berlaga di Ajang FLS2N Tingkat Provinsi, Kadisdik Riau: Mereka Punya Talenta

  • Senin, 28 Juni 2021 - 23:17:01 WIB | Di Baca : 1938 Kali

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) untuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDKB). Lomba berlangsung mulai 28 Juni sampai 1 Juli dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Riau, Zul Ikram M.Pd, Senin (28/6) di Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru

Dihadapan peserta, Kadisdik Riau Zul Ikram mengapresiasi guru pembimbing yang luar biasa bekerja dengan ikhlas dan tulus membimbing anak-anak berkebutuhan khusus ini." Pesan kami lakukan pembinaan yang tulus. Karena anak-anak disabilitas ini punya talenta yang tidak dimiliki anak anak lain,” kata Zul Ikram.

Menurut dia, anak difabel akan jadi target sehingga mereka tidak menjadi anak yang termarginalkan baik di lingkungan keluarga, masyarakat maupun di satuan pendidikan. Bahkan, program Pemprov Riau tahun depan banyak berpihak pada anak difabel." Tahun 2022, kita punya program yang mengarah pada peningkatan sumber daya manusia yang berada di lingkungan SLB," katanya

Sejauh ini, terang Zul Ikram, beberapa SLB sudah melengkapi infrastruktur yang membantu para peserta didik. Namun, guru-gurunya masih perlu ditingkatkan kemampuannya. Apalagi, guru yang mendidik anak difabel ini tak sama dengan di sekolah umum. Di sini dibutuhkan kemampuan khusus.

Pada kesempatan itu, Zul Ikram juga berpesan agar semua yang terlibat tetap taat protokol kesehatan dan menjaga kesehatan. Termasuk mengganti masker sesuai dengan SOP yang benar. Dia berharap, pembimbing bisa memperhatikan penggunaan masker sehingga anak-anak terbebas dari Covid-19.

Melakukan lomba secara virtual memang sulit dilakukan. Karena itu, lomba harus dilakukan dengan tatap muka langsung. Dewan juri harus memberi penilaian yang adil dan sesuai dengan ketentuan. Sehingga yang tampil sebagai pemenang memang mereka yang mumpuni.

Sementara itu, Kepala Bidang PKPLK Disdik Riau, Pahmijan. MPd, menjelaskan bahwa dalam festival ini ada sejumlah cabang lomba yang diperlombakan yakni menyanyi, melukis, desain grafis, menari, MTQ, pantomim, cipta komik strip serta cipta dan baca puisi. Lomba ini diikuti oleh 132 peserta dari semua jenjang. Nantinya, para pemenang akan mewakili Provinsi Riau ke tingkat nasional yang rencananya bakal digelar awal Agustus 2021 mendatang. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar