Optimalisasi Layanan Sekolah Melalui Tatakelola Keuangan

  • Rabu, 16 Juni 2021 - 20:12:05 WIB | Di Baca : 1114 Kali



Seriau,- Tatakelola keuangan sekolah yang baik dapat meningkatkan layanan kepada guru, walimurid, dan stakeholder yang terlibat di sekolah. Hal ini dikarenakan dengan adanya tatakelola keuangan sekolah yang baik maka akan dapat meningkatkan transparansi, akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi layanan keuangan sekolah.

Ungkapan tersebut disampaikan ketua Lembaga Pembina dan Pengawasan Keuangan (LPPK) Pimpinan Wilayah Muahammadiyah (PWM) Muhammad Erwin SP, SE, M.Sy dalam pemaparannya pada Workshop Tatakelola Keuangan Sekolah dilingkungan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) PDM Kampar yang dilaksanakan di aula SMA Muhammadiyah Bangkinang, Selasa(15/6/2021).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Majelis Dikdasmen Kabupaten Kampar, Zarlis, S.Pd, M.Si. Dirinya merespon positif kegiatan ini. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa keuangan sekolah merupakan salah satu pondasi agar sekolah tetap dapat berdiri kokoh sehingga perlu direncanakan dan dikelola dengan baik. Perencanaan dan pengelolaan tersebut tertuang melalui Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah(RKAS).

Loading...

Materi terkait RKAS juga dibahas dan disampaikan oleh Agung Pramuryanto, S.Phil selaku bendahara Majelis Pimpinan Daerah (PDM) Kota Pekanbaru. Materi yang disajikan menarik para audience untuk berdiskusi dan membahas lebih jauh terkait dengan pembuatan RKAAS yang beliau sampaikan.

Selain itu, Workshop juga menghadirkan pemateri dari pengelola dana BOS Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olah raga Kabupaten Kampar, Syef Harafit, S.Pd. Narasumber menyampaikan terkait bagaimana mekanisme pengajuan hingga penggunaan dana BOS yang disalurkan kesekolah- sekolah. Dirinya mengatakan bahwa dana BOS harusnya dimasukkan kedalam RKAAS agar penggunaannya terarah sehingga ketika memberikan pelaporan jelas, transparan dan akuntabel.

Kegiatan yang berlangsung disambut baik oleh para peserta, sehigga mereka meminta kegiatan semisal ini agar kontinu dilaksanakan. Hal ini disampaikan melalui salah satu peserta yaitu kepala sekolah SMA Muhammadiyah Bangkinang Ikhsan Sazali, S.Pd.i.

Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat(PKM) dari Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Doni Winarso, M.Kom menimpali bahwa kegiatan ini merupakan hasil dari Hibah Kemristek Dikti tahun 2021 yang setiap tahun digulirkan melalui kegiatan PKM yang merupakan salah satu bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi. Sehingga Kemungkinan untuk terus dilaksanakan kegiatan serupa sangat terbuka lebar. UMRI memiliki tenaga yang berpengalaman untuk membantu mendampingi sekolah-sekolah terkait pengelolaan keuangan.

Hadir sebagai anggota PKM Rudy Asrianto, M.Kom dan Siti Rodiah, SE, M.Sc.A. sebagai pendamping kegiatan tersebut.(zal/rls)




Loading...

Berita Terkait

Tulis Komentar